seorang anggota DPR Aceh memeriksa daftar hadir anggota dewan yang melakukukan tes urin, di gedung serbaguna DPR Aceh, Rabu (16/8). (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh melakukan tes urin kepada seluruh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), di gedung serbaguna DPRA, Rabu (16/8).

Tes urin ini menyikapi maraknya penggunaan narkoba dikalangan pejabat. Termasuk tertangkapnya seorang anggota DPR Aceh yang kedapatan tengah menghisap sabu-sabu pada Kamis, 10 Agustus 2017 lalu.

Kepala BNNP Aceh, Brigjend Pol. Eldi Azwar mengatakan, tes urin ini dilakukan untuk mengantisipasi maraknya penggunaan narkoba dikalangan pejabat. Kata dia, hasil tes urin ini akan dikeluarkan hari ini.

“Tapi untuk mekanisme pengumuman hasilnya akan diserahkan kepada ketua DPR Aceh untuk diumumkan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPR Aceh, Tengku Muharuddin menyebutkan, pihaknya akan segera mengumumkan hasil tes urin secara transparan dan terbuka setelah menerima hasil dari BNNP. Jika ada oknum yang terindikasi positif narkoba, akan dikembalikan ke Partai yang bersangkutan untuk diganti dan diserahkan kepada pihak yang berwajib.

“Tidak ada tawar-menawar. Seluruh anggota harus bebas narkoba termasuk saya (ketua DPR Aceh),” tegasnya.

Dikatakannya, tes urin ini sebenarnya sudah lama ingin dilakukan dikalangan anggota dewan. Namun baru dilaksanakan hari ini setelah pihaknya menggelar rapat badan musyawarah terkait tertangkapnya salah satu anggota DPR Aceh. [Randi]

Komentar Facebook
Ucapan pelantikan Gubernur dan wakil gubernur dari kantor keuangan