Lewat skema baru pensiun, Pemerintah ingin memanusiakan PNS

Lewat skema baru pensiun, Pemerintah ingin memanusiakan PNS
Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Suahasil Nazara. (Kumparan)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan kini tengah mengkaji skema program pensiun Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari pay as you go menjadi fully funded. Perubahan tersebut diklaim dapat meningkatkan kesejahteraan para pensiunan PNS.

Menurut Kepala Badan Kebijakan Fiskal (KBK) Kemenkeu, Suahasil Nazara, nantinya melalui skema fully funded dana pensiun yang diterima oleh para pensiunan PNS bisa lebih‎ besar.

Sehingga dapat memanusiakan pensiunan PNS, karena selama ini iuran yang dibayarkan oleh PNS untuk masa pensiunnya tidak mampu memenuhi kebutuhan para pensiunan.

“Apa sih tujuannya, tujuannya adalah membuat pensiun kita lebih manusiawi.‎ Membuat supaya pensiun pegawai negeri itu bisa lebih baik kondisinya,” ujar Suahasil, di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta, Kamis (24/8).

Saat ini, lanjut Suahasil, para pensiunan PNS hanya menerima uang pensiun sebesar 75 persen dari gaji pokok terakhirnya. Hal ini menyebabkan pendapatan pensiunan PNS turun drastis.

“Sekarang ini kan pensiun itu (uang pensiun) 75 persen dari gaji pokok terakhir itu sangat kecil sehingga orang yang pensiun itu tiba-tiba pendapatannya itu drop-nya luar biasa, nah ini ada keinginan memperbaiki kondisi itu,” imbuh Suahasil. [Kumparan]

Related posts