Harga daging Meugang di Banda Aceh capai Rp150 ribu/kg

Harga daging di Banda Aceh merangkak naik
Ilustrasi.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Harga daging sapi pada hari “meugang” (hari pemotongan hewan) pertama Lebaran Idul Adha 1438 Hijriah di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar mencapai Rp150 ribu per kilogram.

“Harga daging sapi yang dijual pada meugang pertama ini naik sekitar Rp30 ribu per kilogram dibanding dengan harga hari biasa dari Rp120 ribu-Rp130 ribu per kilogram,” kata Faisal salah seorang pedagang daging di pasar Induk Lambaro Aceh Besar, Rabu (30/8).

Ia menjelaskan kenaikan harga jual daging sapi tersebut disebabkan oleh naiknya harga beli sapi dari daerah penghasil ternak yang berdampak terhadap harga jual di pasaran.

Ia mengatakan harga jual daging sapi pada meugang pertama berkisar dari Rp140 ribu sampai 150 ribu per kilogram yang juga disesuaikan dengan kualitas dari daging yang dijual tersebut.

Hal senada juga disampaikan Nuzul pedagang daging di kawasan Ketapang,. Ia mengatakan harga jual daging sapi di pasaran dari Rp1400 ribu sampai Rp150 ribu per kilogram.

Kadis Pertanian Aceh Besar Ahmad Tarmizi mengatakan bahwa ketersedian sapi untuk meugang dan hewan qurban cukup di pasar-pasar dan dipasok juga dari pasar hewan Sibreh.

“Permintaan masih sangat normal dan pasokan kekantong-kantong penjualan daging lancar,” katanya seperti dilansir Antara.

Ia menyebutkan jumlah persediaan ternak untuk meugang Hari Raya Idul Adha sapi sebanyak1.292 ekor dan kerbau 615 ekor. []

Related posts