Iluistrasi. (klikdokter.com)

(KANALACEH.COM) – MakanĀ terlalu kenyang dapat menyebabkan perut kembung. Anda harus mencegahnya demi kenyamanan beraktivitas. Terjadinya perut kembung banyak sekali penyebabnya. Mulai makan dengan porsi kebanyakan, salah pilih makanan bergas, hingga makan terlalu cepat.

Perut kembung merupakan gambaran kondisi lambung membengkak akibat akumulasi gas. Bila usus mengeluarkan kelebihan asam pencernaan, akumulasi gas dalam perut bisa berlebihan.

Meski pada dasarnya perut kembung tidak bisa dianggap sebagai penyakit yang sangat serius. Namun tetap bisa membuat seseorang merasa sangat tidak nyaman.

Ads

Adapun perut kembung juga disertai dengan gejala lain seperti, mual, sakit perut, sering bersendawa berlebihan dan tubuh terasa letih.

Tapi dengan cara berikut in Anda dapat mencegah kembung, terutama setelah Anda makan. Simak ulasannya lebih lengkap, dilansirĀ Okezone.com, Kamis (20/9).

Hindari minum banyak air setelah makan

Saat perut mulai terisi makanan, jangan terlalu banyak minum air putih atau bahkan jus. Kebiasaan ini bisa membuat banyak gas terakumulasi di perut, sehingga menyebabkan kembung.

Makan perlahan

Makan perlahan dan kunyah setiap suapan sebelum ditelan. Cara ini bisa membuat lambung bekerja secara perlahan. Bila makan terlalu buru-buru, akumulasi gas di perut akan meningkat dan berbahaya.

Olahraga

Berolahraga setiap hari juga sangat diperlukan untuk mencegah akumulasi gas berlebihan di lambung, sehingga menghindari kembung. Caranya, jalan kaki sekira 15 menit setelah makan untuk mencegah perut mual.

Konsumsi makanan rendah garam

Konsumsi makanan dengan jumlah garam sedikit. Trik ini juga dapat membantu mencegah perut kembung setelah makan. Para ahli menyebutkan, seseorang yang mengalami kelebihan garam bisa membuat perutnya kembung dan tak nyaman.

Jangan minum soda

Hindari konsumsi minuman bersoda pasca makan berat. Minuman berkarbonasi ini dapat merangsang produksi asam berlebih dan gas di perut. Maka tak pelak jika Anda mengalami perut kembung usai makan.

Jangan berlebihan konsumsi serat

Makanan tinggi serat sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Tapi kalau berlebihan juga bisa bikin perut kembung loh. Karena itu, batasi konsumsi sayuran dan buah, sekiranya tidak lebih dari lima porsi. Usus bisa kerja berat dan memicu perut kembung.

Hindari produk susu

Hindari konsumsi produk susu seperti susu, keju, mentega, dan lain-lainnya secara berlebihan. Karena susu dapat menyebabkan akumulasi kelebihan lemak di perut yang membuat Anda kembung. Batasi konsumsi makanan ini dengan rutin supaya tak menyebabkan dampak lain pula. []

Ads