Jamaah haji asal Aceh Timur dan Aceh Selatan meninggal di Arab Saudi

Jamaah haji asal Aceh Timur dan Aceh Selatan meninggal di Arab Saudi
Dokumentasi - Jemaah haji asal Indonesia sakit. (Antara Foto)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Lagi, dua jamaah haji asal Aceh meninggal di Arab Saudi. Keduanya masing-masing bernama Muhammad Usman Husen, jamaah asal Peureulak, Aceh Timur yang tergabung dalam kloter 11 Embarkasi Aceh dan Hasan Panek Mansur, jamaah asal Samatiga, Aceh Barat yang tergabung dalam kloter 5.

“Dua orang jamaah asal Aceh kembali wafat di tanah suci, almarhum Muhammad Usman Husen wafat pada Rabu, 19 September 2017 dan Hasan Panek Mansur wafat pada Kamis 20 September 2017,” kata Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Aceh, Rusli saat dikonfirmasi di Banda Aceh, Jumat (22/9).

Berdasarkan informasi sambung Rusli, almarhum Muhammad wafat di Rumah Sakit King Abdul Aziz, ia mengantongi paspor bernomor B6539292, berumur 72 tahun, dan sebelum wafat mengalami respiratory failure atau gagal pernafasan.

Kronologis wafatnya Muhammad pada tanggal 10 September ia mengalami gangguan saluran pernafasan.

“Dokter kloter merujuk jamaah ke RS King Abdul Azis dengan diagnosa dispneu atau sesak dan dirawat di IGD,” ujarnya.

Sehari setelahnya, kondisi pasien semakin memburuk, kemudian pasien dipasang ventilator (alat bantu nafas) dan dirawat ke ICU dengan diagnosa pneumonia + COPD + CHF.

Kemudian sambungnya, pada 16 September 2017 kondisi pasien sudah mulai membaik, sehingga ventilator dilepas dan dipindahkan ke ruang rawat biasa.

Akan tetapi, pada pada 19 September 2017 pasien kembali mengalami pernafasan akut dan dibawa lagi ke IGD.

“Pasien dinyatakan wafat pukul 19.30 WAS serta dimakamkan di Sharaya,”  sebut Rusli.

Sedangkan almarhum Hasan Panek Mansur yang mengantongi paspor nomor B5916868, berumur 71 tahun juga wafat di RS King Abdul Aziz Jeddah.

Menurut informasi yang diterima dari petugas haji, almarhum Hasan memiliki diagnosa Post Laparatomi ec Hernia Inguinalis atau keluhan pada pencernaan.

Kronologisnya, saat di Mina tanggal 4 September 2017 pasien dirujuk ke RS Mina Alwadi dengan keluhan tidak Buang Air Besar (BAB) dan tidak Buang Air Kecil (BAK).

Setelah dilakukan pemeriksaan dirumah sakit itu, pasien di diagnosa Hernia dan segera dioperasi.

Pada 7 September 2017 pasien masih dirawat di ICU RS Mina Alwadi, dan di rujuk ke RS King Abdul Aziz Makkah.

Kemudian, 17 September 2017 pasien yang masih dirawat di ICU tersebut dalam keadaan tidak sadar,  dan dipasangi ventilator.

Rusli menyebutkan, Hasan Mansur Panek dinyatakan wafat pada Kamis, 20 September 2017 pukul 20.35 WAS.

“Hingga saat ini, setelah dua jamaah ini wafat, tercatat 21 jamaah haji asal Aceh telah wafat di tanah suci, Arab Saudi,” tutup Rusli. [Fahzian Aldevan]

Related posts