Sabang miliki potensi kawasan investasi berkelas Dunia

Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyampaikan pidato dalam Seminar tentang pengembangan wisata Sabang yang digelar oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta, 5-6 Oktober 2017 di Gedung BPPT Jakarta. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Selain pariwisata, potensi lain yang dimiliki Sabang, yaitu sebagai kawasan investasi berkelas dunia. Hal ini didukung oleh posisi geografisnya yang sangat dekat dengan jalur internasional.

Posisi ini menempatkan Sabang sebagai salah satu kawasan maritim yang layak dikembangkan sebagai poros maritim nasional.

“Di masa depan kita berharap Sabang bisa menjadi gerbang investasi di wilayah barat Indonesia. Sabang dapat pula memposisikan dirinya sebagai buffer zone bagi kapal-kapal container atau kapal-kapal kargo lainnya yang melalui Selat Malaka dan Samudera Hindia,” Kata Wakil Gubernur Aceh, Nova Iriansyah melalui pesan tertulis yang diterima, Kamis, 5 Oktober 2017.

Menurutnya, Sabang memiliki persyaratan lebih dari cukup untuk memenuhi kriteria pembangunan empat proyek utama sektor prioritas Nasional, yaitu pariwisata, perikanan, industri dan perdagangan serta jasa pelabuhan. “Boleh jadi, sektor pariwisata adalah langkah awalnya,” ujarnya.

Nova Iriansyah juga memaparkan bahwa potensi wisata bahari di Sabang boleh dikatakan sangat lengkap. Wisatawan yang berkunjung ke Sabang tidak hanya bisa menikmati pemandangan bawah laut yang memikat, tapi juga ada susunan terumbu karang yang indah, pantai yang putih, hutannya yang masih rimbun, yang membuat Sabang dijuluki surga terpendam di ujung Sumatera. [Randi/rel]

Related posts