Pelaksanaan Haji Tahun ini dinilai makin baik

Tahun 2018, kuota haji dari Aceh capai 4.393 jamaah
Dokumentasi - Calon Jemaah Haji menuju tempat penginapan di Asrama Haji Banda Aceh, Selasa (15/8/2017). (Kanal Aceh/Randi)

Madinah (KANALACEH.COM) – Sekjen Kemenag Nur Syam menilai, pelaksanaan haji tahun ini makin baik. Hal ini disampaikan Nur Syam usai melepas 451 jemaah kloter 10 Embarkasi Lombok (LOP 10) di Madinah. Pelepasan LOP 10 sekaligus menandai berakhirnya operasional haji 1438H/2017M.

“Berdasarkan laporan dari panitia, alhamdulillah pelaksanaan haji tahun ini makin baik,” kata Nur Syam di Madinah, kemarin.

Nur Syam menyebut beberapa  indikator penyelenggaraan haji yang semakin baik. Menurutnya, akomodasi tahun ini jauh lebih baik. Hotel yang disiapkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi setara bintang tiga. Tahun ini, PPIH menyewa 155 hotel di Makkah dan sekitar 133 hotel di Madinah.

“Pelaksanaan Armina dengan tenda yang baru, serta water cooler yang berjalan baik juga menjadikan tingkat kenyamanan jemaah tahun ini lebih memadai,” tuturnya seperti dilansir laman Republika.

Selain itu, lanjut Nur Syam, layanan katering juga berjalan baik. Nur Syam mengakui, ada sedikit masalah terkait makanan jamaah, namun secara umum kualitas layanan katering makin baik.

Selama operasional haji di Madinah misalnya, PPIH setidaknya telah mendistribusikan 1.804.562 boks katering kepada 251 kloter jemaah gelombang satu pada fase pra Armina. Sedangkan untuk fase pasca-Armina, total makanan yang didistribusikan mencapai 1.825.252 boks.

Indikator lainnya, kata Nur Syam, adalah peningkatan kualitas layanan transportasi. Tahun ini, seluruh layanan bus sudah ditingkatkan kualitasnya (upgrade). “Hal ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik dengan komisi VIII DPR RI,” tegasnya.

“Kami merasa bersyukur bahwa seluruh komponen yang terkait peningkatan haji bekerja optimal,” lanjutnya.

Meski demikian, Nur Syam mengaku, evaluasi menyeluruh akan dilakukan di Jakarta. PPIH Arab Saudi saat ini tengah menyempurnakan  pemetaan masalah haji tahun ini agar bisa diketahui sumber persoalannya. Dengan begtiu, diharapkan akan dapat diformulasikan solusi dan inovasi baru yang lebih baik.

Hal sama disampaikan Konjen RI M Hery Saripuddin. Menurutnya, penyelenggaraan ibadah haji tahun ini sukses meski ada penambahan kuota. “Tahun ini tidak ada hal-hal yang menghambat selama pelaksanaan. Semuanya lancar,” ujarnya. []

Related posts