Samsul Rizal maju kembali pada pemilihan Rektor Unsyiah

Peroleh 81 suara, Samsul Rizal kembali pimpin Unsyiah
Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng. (Kanal Aceh/ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng, menegaskan bahwa dirinya akan kembali mengajukan diri pada pemilihan pucuk pimpinan di kampus yang terkenal dengan julukan Jantong Hatee Rakyat Aceh tersebut.

Penjelasan ini disampaikannya kepada Kanalaceh.com, Jumat (6/10) di Banda Aceh.

“Iya, InsyaAllah saya akan kembali maju pada pemilihan rektor,” tegasnya.

Pemilihan Rektor Unsyiah sendiri, baru akan digelar pada 2018. Namun hingga saat ini sejumlah nama bakal calon rektor sudah mencuat, dan salah satunya yang merupakan kandidat terkuat saat ini adalah Prof Samsul Rizal.

Ia menjelaskan, pertimbangan utama dirinya maju untuk kedua kalinya sebagai rektor, didasarkan pada upaya pembenahan yang telah dilakukannya saat ini belum tuntas.

“Cita cita saya menjadikan Unsyiah kampus terbaik di Indonesia belum terwujud 100 persen,” ujarnya.

Namun, katanya, selama periode kepemimpinan dirinya, Unsyiah telah mendapatkan akreditasi A, dari sebelumnya statusnya hanya C, dan perolehan status tersebut, harus ditingkatkan dengan perbaikan berbagai sarana dan prasarana kampus, dan tentu juga staf pengajar dan lulusan Unsyiah yang mampu berkompetisi di era global.

Dari sisi sumber daya manusia, lanjut Samsul Rizal, saat ini sudah terdapat 450 tenaga dosen bergelar Doktor, dan jumlah ini akan terus Ia tingkatkan.

Sementara itu, dari sisi prasarana kampus, saat ini Unsyiah tengah membangun tiga gedung kampus baru, yaitu MIPA, Fakuktas Kedokteran Hewan, dan Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Peringkat Unsyiah sendiri di Weibo Metrik saat ini menduduki posisi ke-11, dan prestasi dan capaian yang sangat baik, dan upaya upaya pembenahan terus akan dilakukannya agar mimpi dan cita cita dirinya kampus Jantong Hatee Rakyat Aceh ini, mampu sejajar dengan universitas lainnya, seperti UI, UGM, dan ITB.

“Saya ingin mendedikasikan seluruh kemampuan saya untuk kampus ini,” tuturnya.

Hal lain yang mendorong dirinya ikut serta kembali pada pemilihan Rektor Unsyiah, salah satunya juga dorongan kawan kawan yang telah melihat kinerjanya terhadap kampus selama ini. “Saya Bismillah saja, dan kawan kawan juga banyak yang mendukung,” tukasnya. [Saky]

Related posts