Begini komentar Wakil PM Turki terkait Kopi Aceh

Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf dan Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik berjalan menuju ruang tamu pendopo Gubernur Aceh. (Kanal Aceh/Randi)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik memuji kenikmatan kopi Aceh. Bahkan, ia menyebut kopi Aceh salah satu kopi terbaik di Dunia saat ini.

Hal itu dikatakan Fikri Isik saat berkunjung ke Aceh, pada Jumat 13 Oktober 2017. “Kopi Gayo Aceh adalah salah satu kopi terbaik di Dunia,” sebutnya kepada wartawan di Pendopo Gubernur Aceh.

Dikatakannya, Turki akan selalu siap membeli kopi Aceh, selain rasanya yang nikmat juga mudah didapat. Apalagi, kata dia, hubungan Aceh dan Turki sudah terjalin erat.

Namun, karena kopi Aceh memiliki cita rasa yang tinggi, juga sebanding dengan harganya yang tinggi. “Karena kualitasnya yang tinggi, maka harganya juga tinggi,” sebutnya disambut tawa para undangan.

Kedatangan Wakil Perdana Menteri, Fikri Isak ke Aceh juga membawa beberapa investor untuk membahas investasi di Aceh. Sebagaimana diketahui, sebelumnya Pemerintah Aceh sudah menandatangani kontrak dengan perusahaan asal Turki dibidang energi listrik. Sementara peluang investasi lainnya dibidang Pariwisata, Kawasan Ekonomi Khusus masih dalam pembahasan.

Dalam lawatannya kali ini ke Aceh, Fikri Isik juga menyempatkan untuk shalat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman. Kemudian mengunjungi lokasi bersejarah di Aceh, tentunya yang berkaitan dengan sejarah Turki seperti ke Museum Tsunami, Perumahan Turki, makam Tengku Salahuddin di Bitay, serta komplek Istanbul Orphenage Complek (PKPU) di wilayah Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sementara itu, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf mengatakan, kunjungan Fikri Isik ke Aceh menjadi kunjungan bersejarah untuk membina kembali hubungan baik antara Turki dan Aceh. Sebagai buah tangan, Pemerintah Aceh memberikan lada sicupak dan sebilah siwah, berupa pedang Aceh kepada Fikri Isik. Lada sicupak merupakan simbol kerjasama dua kerajaan besar masa lalu yaitu Turki Utsmani dan Aceh Darusalam. [Randi]

Related posts