Pidato di MRB, Wakil PM Turki: Salam dari Presiden Erdogan

Banda Aceh (KANALACEH.COM) –  “Kepedulian yang diperlihatkan oleh pendahulu kami kepada masyarakat Aceh, insyaAllah mulai sekarang kami akan mengikuti jejak mereka,” kata Wakil Perdana Menteri Turki, Fikri Isik.

Hal itu disampaikan Fikri Isik dalam pidato singkatnya usai shalat jumat di hadapan masyarakat Aceh di Masjid Raya Baiturrahaman, Banda Aceh, Jumat (13/10).

“Kita memiliki hubungan sejarah yang sangat panjang, kita telah mengenal satu sama lain selama berabad abad,” kata Fikri

“Saya juga membawa salam dari seluruh rakyat turki dan Presiden Erdogan,” ujar Fikri

Fikri Isik mengatakan, ada sebuah kata dari Maulana Jalaluddin Rumi, bahwa yang penting itu bukanlah bahasa, tapi bahasa dari hati.

“Kemaren saat saya shalat di mesjid Istiqlal Jakarta, saya juga merasakan hal yang sama, saya merasakan bahwa seluruh muslim adalah saudara,” ujar Fikri.

Fikri mengatakan, kesedihan yang dialami masyarakat Aceh tahun 2004 ketika tsunami juga dirasakan oleh masyarakat Turki. “Kesulitan itu telah mempersatukan kita,” ujarnya.

Fikri juga menyampaikan terima kasih atas kepedulian dan dukungan rakyat Aceh terhdapa Pemerintahan Turki pada upaya kudeta tahun lalu.

“Kita orang mukmin seperti batu bata, demi terciptanya kedamaian di dunia, kita akan terus bekerja sama satu sama lain,” kata Fikri.

Fikri juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan sambutan yang hangat dari rakyat Aceh.

Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf mengatakan, masyarakat Aceh selama ini hanya mendengar sejarah hubungan Aceh dan Turki. “Hari ini kita kedatangan tamu dari Turki, Wakil Perdana Menteri Turki ke Aceh.

“Kita akan memperbaiki lagi hubungan dengan Turki baik dari segi kemanusiaan, hubungan ekonomi, dan politik,” ujar Irwandi.

Sebagaimana diketahui, Wakil Perdana Menteri Turki melakukan kunjungan singkat ke Aceh dalam perjalanannya pulang ke Turki usai menghadiri kegiatan Joint Commision for Economic dan Technical Cooperation (JCETC) di Jakarta. [Aidil/rel]

Related posts