Senator asal Aceh apresiasi garapan film Laksamana Malahayati

Senator asal Aceh apresiasi garapan film Laksamana Malahayati
Anggota DPD asal Aceh, Rafli Kande bersalaman dengan Panglima TNI, Jendral TNI Gatot Nurmantyo. (Ist)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Film Laksamana Malahayati yang akan digarap oleh TNI mendapat apresiasi dari anggota DPD (senator) asal Aceh, Rafli Kande. Menurutnya, Malahayati adalah khazanah Aceh yang sangat monumental diakui di dunia.

“Alhamdulillah, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo memahami fakta sejarah dan menjaga esensi nilai yang terkandung di dalamnya,” kata Rafli dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com, Sabtu (14/10).

Dikatakannya, film Malahayati merupakan suatu kekayaan dokumentasi yang luar biasa bagi Aceh. Sebab bisa menunjukkan bahwa Aceh memiliki wanita yang luar biasa di masa lampau.

Ads

Malahayati, kata Rafli, sosok wanita yang memiliki keberanian luar biasa untuk mempertahankan harkat dan martabatnya demi aqidah di dalam hakikat keperempuanannya.

“Harapan kita, muatan film yang dibuat ini nantinya benar-benar menggali kembali fakta sejarah dengan harapan film ini menjadi semangat perempuan kekinian untuk menunjukkan eksistensi dan jati dirinya,” ujar Rafli.

Setidaknya, Rafli menginginkan menjelaskan bagaimana Aceh telah memulai eksistensi wanita sejak abad 16 hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Rafli berharap, film ini nantinya tidak hanya sebatas heroik kejayaan masa lalu. “Semoga Malahayati menjadi referensi semangat juang bagi wanita di masa kini dan mendatang,” pungkasnya. [Aidil/rel]

Ads