Cegah penuaan dini dengan rutin makan apel

(KANALACEH.COM) – Manfaat mengonsumsi buah sangat beragam untuk kesehatan. Bukan hanya sumber vitamin dan serat, rutin mengonsumsi apel ternyata juga bisa mencegah penuaan dini.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB Prof Ahmad Sulaeman, apel merupakan buah yang memiliki antioksidan penolik dan flavonoid.

“Kalau apel dipotong jadi warna cokelat, nah itu ada senyawa yang bersifat anti-oksidan,” kata Ahmad saat Jelajah Gizi 2017 seperti dilansir laman Kompas.com, Minggu (15/10).

Proses penuaan terjadi karena oksidasi. Nah dengan keberadaan dua senyawa tersebut kata Ahmad, akan menangkap radikal bebas akan dinetralkan kembali. “Dengan makan apel juga bisa menjaga kebersihan kulit dan kebugaran,” kata Ahmad.

Lantas, berapa banyak makan apel agar kulit tetap sehat dan mencegah penuaan dini? Ahmad mengatakan sebenarnya tak ada batasan untuk mengonsumsi buah, karena kandungan melimpah dan menyehatkan. Namun, Ahmad mengatakan organisasi kesehatan dunia (WHO) menyarankan agar mengonsumsi buah lima sampai tujuh kali sehari.

“Dikonsumsinya juga lebih baik dijus, karena serat yang didapat lebih banyak daripada langsung dimakan,” katanya. []

Related posts