Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Provinsi Aceh akan dibentuk

Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Provinsi Aceh akan dibentuk
Ketua IKAL RI Aceh, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA (Direktur Paska Sarjana UIN Arranirry) saat menggelar rapat panitia di ruangan Direktur Paska Sarjana UIN Ar-Ranirry, Darussalam Banda Aceh. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Provinsi Aceh akan segera dibentuk pada bulan November 2017 nanti. Hal ini disampaikan oleh Prof Syahrizal Abbas MA dalam kapasitasnya sebagai Ketua Komisariat IKAL Aceh periode 2017-2022 di Banda Aceh, Minggu (15/10).

Rencananya pengukuhan akan didahului oleh seminar kebangsaan yang akan menghadirkan Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan Ketua Umum IKAL Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar sebagai keynote speaker yang akan berlangsung pada November di Banda Aceh.

Terbentuknya IKAL sebagaimana telah diatur dalam Perpres Nomor 98 Tahun 2016 tentang Lemhannas, bahwa Lemhannas RI mempunyai tugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional yang berpikir komprehensif, integral, holistik, integratif dan profesional, memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, negarawan, berwawasan Nusantara serta mempunyai cakrawala pandang yang universal.

“Oleh karenanya lembaga ini memiliki fungsi dan peran strategis dalam sistem ketatanegaraan di Republik Indonesia,” kata Syahrizal dalam siaran persnya kepada Kanalaceh.com, Rabu (18/10).

Lanjutnya, IKAL Provinsi Aceh akan menjadi tempat berkumpulnya mereka yang pernah mengenyam pendidikan di Lemhannas baik program KRA, KSA yang kemudian saat ini dikenal sebagai PPRA dan PPSA serta program-program lain seperti Taplai (Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan) dan PPPDA.

“Kalau IKAL terbentuk yang menjadi program ungulan meningkatkan kapasitas kesadaran kebangsaan bagi kita semua, Kedua tentunya sebagai organisasi alumni, kita akan mendukung kegiatan pembagunan pemerintahan, baik fisik atau lainnya,” sebut Syahrizal Abbas.

Dia berharap, semoga organisasi ini  dicintai masyarakat dan mampu memberi kontribusi dalam membangun bangsa sesuai dengan tujuan yang mereka harapkan.

Sementara Mayor Inf Bayu selaku ketua panitia serta juga pengurus dalam IKAL, mengatakan jika dilihat dari struktur kepengurusannya, IKAL Aceh akan menjadi suatu lembaga mitra pemerintah daerah yang sangat potensial dan prestigius mengingat dalam susunan kepengurusannya diisi oleh orang-orang yang berkompeten dan berkualitas.

Hal tersebut dapat dilihat dari susunan Dewan Kehormatannya, IKAL Aceh menempatkan Gubernur dan Forkopimda lainnya seperti Pangdam, Kapolda, Kajati dan Ketua DPRA.

“Kami sangat berharap nantinya dapat menghimpun para alumni Lemhannas yang berdomisili di Aceh untuk segera mendaftarkan diri ke sekretariat sementara di Media Center Kodam Iskandar Muda Neusu Banda Aceh, atau menghubungi di alamat email [email protected] atau di nomor telpon sekretaris di 085362287136,” ujar Mayor Inf Bayu.

Dalam organisasi ini, disebutkannya Dewan Penasehat terdapat nama-nama tokoh besar asal Aceh diantaranya Dr Ir Musrafa Abubakar M Si, Mayjen TNI Haffil Fuddin, Prof Dr Irwan Abdullah, Irjen Pol HS Maltha, Prof Dr Rusdy Ali Muhammad SH, Prof Dr Apridar M Si, Subhandy, AP M Si, Prof Dr Yusni Sabi dan Firmandez SE.

Sementara itu dijajaran kepengurusan inti diketuai oleh Prof Dr Syahrizal Abbas MA yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana UIN Ar-Ranirry.

Pada posisi wakil ketua ada Dr Rusli Yusuf M Pd dan Ir Modh Tanwir MM. Pada posisi sekretaris dijabat oleh Mayor Inf Bayu Maulana Suntara dan Yusri Kasim SE. Pada posisi Bendahara dijabat oleh Dzikrullah Ibna dan Muhammad Afwi SE.

Adapun pada ketua-ketua bidang sebanyak 8 bidang diawali oleh para alumni Lemnhannas RI yang hampir seluruhnya saat ini aktif sebagai tenaga pengajar profesional seperti Dra Naimah Hasan, Sabirin S Sos, Wiratmadinata SH MA, Dr Mujiburahman, Kurniawan S SH LLM dan Ir Yusmaizal. Selain itu ada dari kalangan birokrat Farhan Fajar SSTP MPA dan kalangan pengusaha yaitu Nazarudin Yusuf. [Aidil/rel]

Related posts