Ini fakta bahwa menangis itu bagus untuk kesehatan

life.idntimes.com

(KANALACEH.COM) – Sebagian besar wanita memiliki perasaan yang lembut dan mudah untuk mengeluarkan air mata. Sementara, kaum pria lebih jarang terlihat menang

Wanita lebih sering menangis daripada pria, bahkan dalam setahun rata-rata para wanita bisa menangis 30 hingga 64 kali pertahun. Hal tersebut terjadi karena wanita memiliki saluran air mata yang lebih kecil dan hormon prolaktin yang dapat memicu keluarnya air mata lebih mudah sebanyak 60 persen dibandingkan laki-laki.

Namun, janganlah berkecil hati wahai wanita. Jangan lagi kesal bila dicap cengeng dan gampang menangis, karena kamu dapat beragam manfaat dari tangisan itu, terlebih bagi kesehatan kejiwaanmu.

Melansir dari Okezone.com, Rabu (18/10), menangis memiliki manfaat yang baik bagi wanita dan pria. Ketika menangis tubuh Anda akan merasakan manfaat layaknya mendapat sebuah pelukan. Dengan kata lain, ketika menangis Anda sama saja seperti sedang memeluk diri sendiri.

Penelitian membuktikan, ketika menangis tubuh melepas hormon yang dapat menghindari stres, hormon tersebut seperti antistres alami. Air mata yang mengalir lembut pun kabarnya dapat memberikan efek seperti pijatan yang lembut.

“Air mata yang lembut dan perlahan mengalir di pipi dapat memberikan semacam efek pemijatan yang lembut dan memicu terlepasnya senyawa penghilang stres, yaitu endorfin diproduksi oleh tubuh, hingga dapat memberikan rasa aman. Dengan kata lain air mata adalah bentuk pelukan pada diri sendiri,” ucap periset. []

Related posts