Jelang Sail Sabang, Dinsos Aceh bersihkan Kota Sabang

Jelang Sail Sabang, Dinsos Aceh bersihkan Kota Sabang
Kepala Dinsos Aceh, Alhudri memimpin baksos bersih-bersih jelang Sail Sabang. (Ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Menjelang perhelatan Sail Sabang pada 28 November-5 Desember 2017, Dinas Sosial (Dinsos) Aceh melakukan bakti sosial (baksos) dengan membersihkan tempat-tempat yang dianggap dapat mengganggu keindahan saat pelaksanaan Sail Sabang nantinya.

Pelaksanaan baksos yang dipimpin langsung Kepala Dinsos Aceh Alhudri didampingi Kepala Dinsos Kota Sabang, Iskandar Muda itu mengerahkan 70 relawan yang terdiri dari Tagana, PSM, CSR, TKSK, Karang Taruna, dan para pegawai, serta Dinsos Kota Sabang.

Baksos yang di gelar sejak Jumat (17/11) dan direncanakan berakhir Minggu (19/11) besok, dipusatkan di dua gampong yang berbeda, yaitu Gampong Ie Meulee, dan Gampong Ujong Kareung, Kecamatan Suka Jaya.

Di sela-sela memimpin baksos, Alhudri berharap kepada semua pihak agar pro aktif dalam menyukseskan Sail Sabang.

Untuk itu, dia mengajak semua masyarakat Aceh secara khusus dan masyarakat Indonesia pada umumnya agar bahu-membahu dalam mempersiapkan even internasional tersebut.

“Ini bukan even nasional, tapi even internasional, jadi semua pihak punya tanggungjawab untuk menyukseskan event ini,” katanya.

Sebab, kata Alhudri, even ini juga kesempatan untuk Aceh dalam mempromosikan diri secara khusus dan Indonesia secara umumnya ke dunia luar.

Dalam urusan menyambut tamu, Alhudri juga berpesan agar nantinya masyarakat Aceh khususnya masyarakat Kota Sabang mengedepankan filosofi pemulia jamee adat geutanyo (memuliakan tamu adat kita).

Karena itu, Alhudri meminta partisipasi masyarakat Kota Sabang untuk memilihara kebersihan Kota Sabang seperti dari kotoran lembu.

Alhudri memohon kepada pemilik sapi agar untuk sementara waktu jangan ada dulu sapu yang berkeliaran di jalan.

Hal itu untuk menjaga kebersihan agar jalan-jalan yang dilalui oleh tamu Sail Sabang nantinya tidak didapati lagi kotoran sapi sehingga tidak merusak keasrian Kota Sabang.

Menurutnya, dengan Sabang bersih maka tamu nantinya akan menilai Aceh bersih, jika sudah demikian bukan tidak mungkin ke depannya akan adanya sail-sail lainnya di Aceh seperti Sail Simeulue atau Sail Pulau Banyak.

“Itu tidak menutup kemungkinan,” katanya.

Direncanakan, malam ini Dinsos Aceh akan membagikan sembako untuk sejumlah masyarakat kurang mampu di dua gampong tersebut. [Aidil/rel]

Related posts