Guru Besar universitas di AS isi diskusi jurnalisme di UIN Ar-Raniry

Guru Besar universitas di AS isi diskusi jurnalisme di UIN Ar-Raniry
Guru Besar Jurnalisme Goerge Washington University, Amerika Serikat, Prof Janet Steele menjadi pemateri pada Diskusi Jurnalisme di Aula Biro Rektorat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Selasa (19/12). (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Guru Besar Jurnalisme Goerge Washington University, Amerika Serikat, Prof Janet Steele menjadi pemateri pada Diskusi Jurnalisme di Aula Biro Rektorat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Selasa (19/12). Diskusi itu diadakan oleh Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Sumberpost kampus tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Janet memaparkan materi dengan tema “Principles Of Journalism”. Ia menyebutkan beberapa prinsip dalam jurnalisme.

Keenam prinsip tersebut yaitu menyampaikan kebenaran, setia kepada kepentingan warga, disiplin verifikasi, tetap independen, memantau kekuasaan.

Selanjutnya, menyediakan forum bagi publik, membuat menarik dan relevan, konprehensif dan proporsional dan mengikuti hati nurani.

Dalam paparannya, Prof Janet turut menjelaskan masing-masing elemen jurnalisme itu.

“Tak harus menjadi wartawan terkenal, tapi jadilah wartawan yang bermanfaat bagi orang lain,” kata Prof Janet.

Dalam kesempatan yang sama, Prof Janet juga menjelaskan perkembangan media massa di Amerika Serikat. Paparan Prof Janet diakhiri dengan diskusi tanya jawab antara peserta dengan pemateri.

Pegiat di Institute of Journalism and Media, Jufrizal yang mendampingi Prof Janet selama di Aceh mengatakan, kedatangan Prof Janet ke Aceh dalam rangka penelitian soal jurnalisme Aceh.

“Dua bulan sebelumnya, Janet sudah pernah datang ke Aceh dan saya berusaha membantunya menemui beberapa wartawan muda di Aceh,” kata Jufrizal.

Ia menambahkan, kedatangan Prof Janet kali ini yaitu kelanjutan dari peneletian itu. Dirinya bersama Prof Janet berinisiatif mempromosikan jurnalisem bermutu untuk generasi muda Aceh yang tertarik dengan dunia kewartawanan.

“Pers mahasiswa adalah generasi selanjutnya yang akan menentukan perkembangan jurnalisme di Aceh,” kata Jufrizal yang juga alumnus Sumberpost.

Sementara, Pimpinan Umum UKPM Sumberpost, Muhammad Fadhil mengucapkan terima kasih kepada alumnus Sumberpost, Jufrizal dan semua pihak yang telah menginisiasi pertemuan tersebut.

“Prof Janet hanya beberapa hari di Banda Aceh, tetapi di tengah kesibukannya bisa berbagi ilmu dengan kami, ini merupakan penghargaan yang luar biasa,” ujar Fadhil.

Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan peserta yang terdiri dari mahasiswa, pegiat pers dan masyarakat umum. Usai diskusi, Prof Janet juga menyempatkan diri berkunjung ke Sekretariat Redaksi Sumberpost.

Dalam kesempatan itu, Prof Janet melihat sejumlah karya-karya yang diterbitkan Sumberpost sejak berdiri belasan tahun silam. Pada kesempatan itu juga, Prof Janet menyerahkan dua buku karyanya yang berjudul Wars Within dan Email Dari Amerika kepada sumberpost. [Aidil/rel]

Related posts