Sabang siap jadi tuan rumah Kejurnas Catur 2018

Sabang siap jadi tuan rumah Kejurnas Catur 2018
Wali Kota Sabang Nazaruddin (tengah kemeja gelap) bersama pengurus Percasi Aceh dan Percasi Sabang di Sabang, Jumat (5/1). (Ist)

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang, Pulau Weh menyatakan siap menjadi tuan rumah  penyelenggaraan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur 2018.

“Kami siap menjadi tuan rumah Kejurnas Catur. Dan kami siap menyukseskan kegiatan berskala nasional tersebut,” kata Wali Kota Sabang Nazaruddin di Sabang, Jumat (5/1).

Pernyataan tersebut disampaikan Wali Kota Sabang dalam pertemuannya dengan Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Aceh Aldin Nl yang didampingi Wakil Ketua Pengprov Percasi Aceh Heru Dwi S.

Wali Kota menyebutkan, Sabang mampu menyelenggarakan kegiatan berskala nasional. Ketersediaan akomodasi, transportasi, dan lainnya mendukung Sabang menjadi tuan rumah Kejurnas Catur 2018.

“Menjadi tuan rumah kegiatan berskala nasional ini sejalan dengan program Sabang menjadi daerah seribu event di Indonesia. Dan ini menjadi ajang promosi dalam memajukan pariwisata Sabang,” kata Nazaruddin.

Ketua Pengprov Percasi Aceh Aldin Nl mengapresiasi Pemerintah Kota Sabang yang siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kejurnas Catur 2018. Dan ini menjadi keuntungan bagi Sabang yang sedang mengembangkan sektor pariwisata.

“Menjadi tuan rumah menguntungkan bagi Sabang. Dan ini menjadi ajang promosi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke pulau terluar di ujung barat Indonesia tersebut,” kata dia.

Selain ketersediaan prasarana dan sarana pendukung kejuaraan catur, sebut Aldin, keindahan alam dan Tugu Nol Kilometer Indonesia, akan menjadi daya tarik pecatur seluruh Indonesia mengikuti turnamen tahunan tersebut.

“Ada beberapa alternatif tempat penyelenggaraan Kejurnas Catur 2018 di Aceh. Karena itu, kami akan putuskan dalam satu rapat, apakah di ibu kota provinsi atau Kota  Sabang. Tapi, pengurus Percasi sejumlah provinsi berharap diselenggarakan di Kota Sabang,” kata Aldin.

Aceh terpilih sebagai tuan rumah Kejurnas Catur 2018 dalam Musyawarah Nasional (Munas) Percasi di Cipayung, Bogor, Jawa Barat, akhir Juli 2017.  Kejurnas tersebut dijadwalkan antara Juli dan September 2018. [Aidil/rel]

Related posts