25.6 C
Banda Aceh

Peusaba: Makam dua ulama Aceh di Malaysia lenyap

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Ketua Peubeudoh Sejarah Adat dan Budaya Aceh (Peusaba), Mawardi Usman meungkapkan bahwa makam dua Ulama Aceh di Kuala Lumpur, Malaysia telah lenyap tertimbun bangunan.

“Bagi Peusaba dan dunia melayu ini adalah kehilangan besar, apalagi makam sudah ditimbun untuk membuat bangunan,” jelasnya dalam siaran pers kepada Kanalaceh.com, Senin (22/1).

Mawardi menyebutkan bahwa, makam dua ulama Aceh yang telah hilang itu adalah makam Syeikh Abu Bakar dan Syeikh Sayed Mukmin Mukhtar Ali.

- Advertisement -

“Kompleks yang lenyap itu adalah makam dua ulama Aceh yang mengajarkan Islam ratusan tahun lalu di Kuala Lumpur yang dikenal dengan nama makam keramat pinang tunggal,” sebutnya.

Lebih lanjut Mawardi menegaskan bahwa, hilangnya makam ulama tersebut menjadi bukti kurang diperdulikannya sejarah kaum ulama dan hukama di Negeri Melayu.

“Ini mengejutkan sebab Malaysia terkenal menjaga situs dengan baik,” ujarnya.

Dia pun meminta kepada orang-orang di Malaysia agar serius melindungi situs kuno peradaban Islam di seluruh kawasan Negeri Jiran.

“Sebab setiap sejarah Islam di Asia Tenggara saling terkoneksi dengan baik pada masa lalu. Islam dikembangkan dengan persaudaraan atas Islam yang Rahmatal Lil Alamin,” jelas Mawardi. [Aidil/rel]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru