Gampong Paya Seunara Sabang kini miliki IPAL dan Sanimas

Gampong Paya Seunara Sabang kini miliki IPAL dan Sanimas
Wakil Walikota Sabang, Suradji Junus (tengah) akan meresmikan IPAL dan Sanimas di Jurong Cot Damar, Gampong Paya Seunara, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Selasa (23/1). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Wakil Walikota Sabang, Suradji Junus meresmikan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) di Jurong Cot Damar, Gampong Paya Seunara, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Selasa (23/1).

Suradji Junus mengatakan, pembangunan IPAL dan Sanimas ini telah melewati tahap penelitian dan kesepakatan yang sangat matang.

Ia menjekaskan, meskipun kelihatannya air limbah bisa langsung meresap ke dalam tanah atau mengalir di sungai, air limbah rumah tangga sebenarnya juga merupakan limbah yang merusak lingkungan hidup.

“Dengan adanya pembangunan IPAL dan Sanimas, merupakan program yang sangat penting bagi masyarakat untuk itu perlu dilakukan dan dijaga bersama oleh masyarakat guna terlindungi dari penyakit,” kata Suradji.

Keuchik Gampong Paya Seunara yang diwakili Tgk Hamdani dalam laporannya menyampaikan terima kasih atas pembangunan IPAL dan Sanimas ini sebagai tujuan mengatasi berbagai penyakit yang berada dilingkungan masyarakat.

“Mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan dengan baik sesuai fungsi dan peruntukannya,” jelas Hamdani. [Diki Arjuna]

Related posts