Ternyata makam ulama Aceh di Malaysia bukan lenyap

Ternyata makam ulama Aceh di Malaysia bukan lenyap
Makam Syeikh Abu Bakar dan Syeikh Sayed Mukmin Mukhtar Ali yang telah tertimbun bangunan. (Ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Informasi tentang dua makam ulama Aceh di Kuala Lumpur, Malaysia yang diisukan lenyap tertimbun bangunan ternyata salah. Nyatanya dua makam tersebut akan ditinggikan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Peubeudoh Sejarah Adat dan Budaya Aceh (Peusaba), Mawardi Usman kepada Kanalaceh.com, Jumat (26/1).

“Informasi yang benar adalah makam hendak ditinggikan, sebab banjir sering menggenangi dua makam ulama tersebut. Ternyata kami salah katanya.

Diberitakan sebelumnya, pada Senin (22/1) Mawardi meungkapkan bahwa makam dua Ulama Aceh di Kuala Lumpur, Malaysia telah lenyap tertimbun bangunan. Makam itu adalah makam Syeikh Abu Bakar dan Syeikh Sayed Mukmin Mukhtar Ali.

“Makam yang kemaren itu rupanya mau dibangun kembali, tapi temboknya dirubuhkan sehingga banyak sahabat-sahabat disana yang bilang mau dirusak. Alhamdulillah tak jadi dirusak. Pemerintah Malaysia langsung merespon pemberitaan tersebut,” ujar Mawardi.

Dia pun mengatakan, bahwa informasi tersebut didapatkan dari DMDI, Hikmah dan Pecinta Sejarah Malaysia. “Peusaba sangat senang dan berterima kasih atas kepedulian ini,” ucap Mawardi.

Dia pun menyarankan, kepada Pemerintah Malaysia untuk ke depannya setiap kegiatan (berhubungan sejarah) yang akan dibuat perlu diberitahukan terlebih dahulu pada komunitas sejarah Malaysia sehingga orang tidak salah sangka.

“Peusaba menginginkan adanya penelitian lanjutan, seminar dan juga membuka khazanah lama untuk melihat kembali peran penting pembesar (dua ulama) di wilayah Pinang Tunggal, Kuala Lumpur, Malaysia,” kata dia. [Aidil Saputra]

Related posts