Peroleh 81 suara, Samsul Rizal kembali pimpin Unsyiah

Peroleh 81 suara, Samsul Rizal kembali pimpin Unsyiah
Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng. (Kanal Aceh/ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Prof Dr Ir Samsul Rizal, M Eng kembali terpilih sebagai Rektor Unsyiah periode 2018-2022. Ia menyisihkan dua calon lainnya, yakni Dr nat tech Syafruddin SP MP dan Dr dr Syahrul SpS- (K).

Samsul Rizal terpilih dalam Rapat Senat yang berlangsung tertutup di Balai Senat Gedung Rektorat Unsyiah, Banda Aceh, Senin (5/2).

Dari jumlah total 125 suara, Samsul Rizal berhasil meraih 64,8 persen atau 81 suara. Sementara kandidat lainnya Dr Syahrul memperoleh 41 suara, disusul Dr Syafruddin yang mendapatkan 3 suara.

Kepala Humas Unsyiah, Husni Friady menjelaskan, secara keseluruhan proses pemilihan berjalan dengan baik dan lancar. Proses ini berlangsung sejak pukul 10.30 WIB hingga menjelang siang. Proses pemilihan dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Pemilihan, Prof Faisal.

Pemilihan dilakukan oleh 81 anggota Senat Unsyiah dari 82 orang yang ada, serta Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi yang dikuasakan kepada Dr Ir Agus Indarjo, M.Phil, selaku Sekretaris Dirjen Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti.

“Sebanyak 65 persen suara berasal dari Senat Unsyiah, sementara 35 persen lainnya merupakan suara dari Menteri Ristekdikti,” ujarnya.

Dengan hasil ini, Samsul Rizal kembali berhak memimpin Unsyiah untuk empat tahun ke depan. Hasil pemilihan ini dituangkan dalam berita acara yang akan disampaikan ke Menteri Ristekdikti. Setelah disahkan, nantikan dilanjutkan dengan pelantikan secara resmi.

“Untuk jadwal pelantikan masih menunggu konfirmasi dari Kemenristekdikti,” ujar Husni.

Sementara itu, Agus Indarjo berharap Unsyiah semakin baik ke depannya dengan meningkatkan prestasi di dunia pendidikan dan penelitian. Ia juga berpesan agar Unsyiah segera berproses menjadi Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum (BLU), sekaligus menjadi kampus berbasis cyber university.

Prof Samsul merupakan putra kelahiran Idi Rayeuk, Aceh Timur, 8 Agustus 1962 silam. Ia menamatkan S2 di Master of Mechanical, Tohoyasi University of Technologi, Jepang dan menyelesaikan program doktor di bidang Struktural Integrity Jepang. Di tahun 2012, Samsul Rizal dipercaya memimpin Univeristas Syiah Kuala.

Sejak menjadi Rektor Unsyiah ada banyak pencapaian yang diraih Unsyiah, salah satunya nilai akreditasi institusi yang melompat jauh dari nilai C ke nilai A.

Unsyiah juga didapuk menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di Indonesia oleh Webometrics. Saat ini, Unsyiah sedang berproses untuk segera berubah status menjadi Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU). [Aidil/rel]

Related posts