Hasil panen padi di lokasi cetak sawah baru Labuhanhaji Barat capai 7 ton

Hasil panen padi di lokasi cetak sawah baru Labuhanhaji Barat capai 7 ton
(Ist)
--Ads--
loading...

Tapaktuan (KANALACEH.COM) – Bati Tuud Koramil 10/Labuhanhaji Barat Pelda Rafli Armaji menyampaikan produksi panen padi di lokasi cetak sawah baru Desa Pante Geulima, Kecamatan Labuhanhaji, Kabupaten Aceh Selatan mencapai 7 hingga 8 ton perhektar.

“Pada tahun sebelumnya hasil panen padi petani Labuhanhaji Barat rata – rata  6,3 ton perhektar. Alhamdulillah kali ini sejak 2017 ada program cetak sawah baru sudah mencapai 7 bahkan ada beberapa titik yang 8 ton perhektar dalam satu areal persawahan,” sebut Pelda Rafli, Jumat (23/2).

Lanjut Rafli, hasilnya memang bervariasi pada waktu panen perdana yang dihadiri Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto pada Rabu (21/2), hitungan hasil ubinan hanya 5 ton per hektar.

Ads

“Namun yang sawah dipinggir jalan besar hasilnya 8 ton, dekat pagar sekolah 7 ton. Jadi jika kita hitung rata-rata mencapai sekitar 7 ton perhektar,” terangnya.

Jadi, menurut Rafli, hasilnya sudah melampaui target dan diatas standar nasional. “Karena target nasional itu 5 ton perhektar,” ujarnya.

Semestinya, ungkap Rafli, jika tidak ada gangguan serangan hama tikus dan burung, hasil panen dilokasi cetak sawah baru ini memang sangat luar biasa.

“Kita bisa jamin itu, paling banyak kita bisa dapat hasil panen 7 ton lebih perhektar,” pungkasnya.

Sementara Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto saat menerima laporan hasil panen dari Batuud mencapai rata-rata 7 ton merasa sangat bersyukur.

“Alhamdulillah, kita bersyukur tahun ini  bisa mencapai hasil panen yang luar biasa, ini adalah hasil jerih payah selama ini, semoga dengan menjadi pelopor dalam meningkatkan swasembada pangan bisa membius masyarakat petani untuk lebih semangat,” ucapnya puas atas hasil yang dicapai.

Diketahui, luas keseluruhan lahan cetak sawah baru tersebut adalah 7,6 hektar. Program yang dikerjakan oleh Kodim 0107/Aceh Selatan melalui Koramil 10/Labuhanhaji Barat.

Atas hasil yang dicapai, masyarakat setempat sangat berterimakasih kepada Dandim dan Koramil atas usaha dan upaya meningkatkan kesejahteraan petani serta bisa mewujudkan swasembada pangan di Aceh Selatan. [Aidil/rel]