Distanpan Abdya punya tiga program unggulan di tahun 2018

Distampan Abdya punya tiga program unggulan di tahun 2018
Kabid Pertenakan Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Barat Daya, Laili Suhairi. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)
--Ads--
loading...

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpan) mempunyai tiga program unggulan tahun 2018.

Tiga program unggulan tersebut adalah yakni pengembangan ayam unggulan, kambing boer, dan sapi induk unggulan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Barat Daya melalui Kabid Peternakan, Laili Suhairi mengatakan, tiga program unggulan tersebut memang prioritas bupati.

Ads

“Kambing boer memiliki keunggulan dari persentase dagingnya yang lebih banyak dibanding jenis kambing lainnya,” katanya di Abdya, Jumat (2/3).

Dia menjelaskan, jika dibandingkan pada umur 1 tahun dengan pola makan yang sama, kambing atau domba hanya mencapai bobot 25-30 kg, sedangkan kambing boer bisa mencapai bobot 40 kg.

Selain itu program ayam unggulan yang dikelola oleh dinas sebanyam 3000 ekor. Sebagai contoh atau sampel akan dibuat di belakang kantor setempat. Apabila sukses, kata Laili, pihaknya akan menyalurkan kepada masyarakat.

“Nanti penyalurannya dinas akan turun langsung untuk mengecek calon penerima calon lokasi (cpcl),” imbuhnya.

Laili mengatakan, tujuan program ini adalah untuk memperbaiki kualitas ternak di Abdya, baik itu ayam, kambing, maupun sapi. “Agar nantinya bisa menjadi mata pencaharian masyarakat,” pungkasnya. [Jimi Pratama]