Besok, Nyak Sandang jalani operasi prostat

Besok, Nyak Sandang jalani operasi prostat
dr Bambang (berbaju TNI) visit ke ruang inap Nyak Sandang di RSPAD Gatot Subroto, Jumat (23/3). (Ist)
--Ads--
loading...

Jakarta (KANALACEH.COM) – Penyumbang dana pembelian pesawat pertama Indonesia asal Gampong Lhuet, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Nyak Sandang (91) telah menjalani pemeriksaan kesehatan mulai dari periksa jantung, paru-paru, prostat, mata dan THT pada Kamis (22/3) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta.

Hal itu disampaikan Humas ACT Aceh, Rahmat Aulia saat dihubungi Kanalaceh.com, Jumat (23/3). Rahmat Aulia turut mendampingi Nyak Sandang ke Jakarta sejak beberapa hari lalu.

Sebelumnya, pada Rabu (21/3) Nyak Sandang bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta. Dalam pertemuan itu, Jokowi menawari Nyak Sandang untuk menunaikan Ibadah Haji, membantu pengobatan kesehatan, dan berencana mengirimkan tim untuk membetulkan masjid di Gampong Lhuet, Kecamatan Jaya, Aceh Jaya.

Ads

Baca: Kisah pemodal awal pesawat Indonesia asal Aceh yang tak pernah naik pesawat

“Alhamdulillah jantung dan paru-paru Nyak Sandang sehat walafiat menurut keterangan dari dr Bebet (spesialis prostat) dan dr Bambang (spesialis mata) yang melakukan visit hari ini pukul 14.00 WIB ke ruang inap Nyak Sandang di RSPAD Gatot Subroto,” ujar Rahmat.

Dikatakannya, dr Bebet (spesialis prostat) dan tim akan melakukan operasi prostat terhadap Nyak Sandang pada Sabtu (24/3) besok pukul 06.00 WIB. Operasi prostat akan memakan waktu sekitar 60 menit.

Baca: Akhirnya Nyak Sandang lakukan pengobatan katarak dan cek kesehatan

Sementara pada Selasa (27/3) atau Rabu (28/3) akan dilakukan operasi mata untuk mengangkat katarak Nyak Sandang oleh dr Bambang dan tim. Menurut dokter, sambung Rahmat, operasi berjalan sekira 15 menit.

Lanjut Rahmat, untuk operasi mata hanya dilakukan pada mata sebelah kiri, karena pasca pemeriksaan mata kanan sudah tertutupi oleh saraf sehingga tak memungkinkan lagi.

“Kita doakan Nyak Sandang sehat selalu sebelum dan pasca operasi,” jelasnya. [Aidil Saputra]