Hewan ternak di Abdya masih berkeliaran di jalan lintas nasional

Hewan ternak di Abdya masih berkeliaran di jalan lintas nasional
Hewan ternak sedang berkeliaran di Jalan lintas nasional Kecamatan Susoh, Kabupaten Abdya, Senin (26/3). (Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Hewan ternak masih menjadi masalah di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Pasalnya, setiap hari hewan itu masih dibiarkan bebas berkeliaran di jalan lintas nasional oleh pemiliknya.

Atas masalah ini, pengguna jalan meminta pemerintah setempat mengambil langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Sebab, hewan yang melintas di jalan raya bisa menyebabkan kecelakaan.

“Inikan jalan raya, kalau bisa tindak tegas bagi pemiliknya, kalau dibiarkan bisa menimbulkan korban. Saya sendiri waktu melintas pernah lihat pengendara motor hampir menabrak sapi yang tiba- tiba muncul menyeberangi jalan. Untung si pengendara cepat ngerem kalau tidak, bisa fatal akibat menabrak sapi,” kata Maimun, warga Kecamatan Susoh, Senin (26/3) kepada Kanalaceh.com.

Dirinya berharap kepada pemerintah setempat atau dinas terkait untuk peka terhadap masalah ini. Untuk apa Perda dibuat kalau pelaksanaannya tidak ada.

“Demi kenyamanan bersama, setidaknya peka atas masalah ini, agar tidak ada lagi sapi atau kambing dan jenis hewan ternak lainnya yang berkeliaran,” pinta Maimun.

Sementara Pemerintah Kabupaten Abdya melalui Camat Susoh, Zulfan saat dikonfirmasi menjelaskan, selaku pemerintah setempat selalu mengimbau warga yang memelihara hewan ternak, khususnya ternak berkaki empat untuk digembalakan.

“Kami selalu mengimbau kepada masyarakat yang memelihara ternak sapi maupun kambing harus digembalakan. Kami berharap kepada Pol PP selaku penegak Perda untuk rutin melakukan razia ternak liar,” ujarnya.

Zulfan juga menjelaskan, sesuai dengan Perda bagi hewan ternak yang terjaring akan dikenakan denda, bahkan kalau menyebabkan kecelakaan pemilik diminta bertangung jawab.

“Jadi setiap ternak harus digembalakan bukan diliarkan,” tegasnya. [Jimi Pratama]

Related posts