Kapal pesiar berbendera Bahamas bersandar di Sabang

Kapal pesiar MS Seabourn Encore tiba di Sabang
Kapal pesiar wisata MS. Seabourn Encore berbendera Bahamas atau Nasau tiba bersandar di Dermaga Container Terminal (CT) 3 yang berada di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang, pada Selasa (27/3). (Kanal Aceh/Diki Arjuna)

Sabang (KANALACEH.COM) – Kapal pesiar wisata MS. Seabourn Encore berbendera Bahamas atau Nasau tiba bersandar di Dermaga Container Terminal (CT) 3 yang berada di Gampong Kuta Timu, Sukakarya, Kota Sabang, pada Selasa (27/3) pukul 07.00 WIB tadi. Kapal itu akan singgah selama 12 jam.

Kunjungan cruise kali ini mengawali kerja manajemen BPKS yang baru dilantik oleh Gubernur Aceh pada tanggal 22 Maret 2018 kemarin.

Kapal pesiar yang dinahkodai oleh Capt. Bathgate David tiba di Sabang setelah menempuh perjalanan dari Phuket, Thailand dengan mengangkut 975 orang yang terdiri dari 552 penumpang dan 423 kru kapal.

Kedatangan kapal tersebut disambut secara seremonial debgan tarian adat Aceh sebagai wujud penghormatan kepada tamu.

Kepala BPKS, Sayid Fadhil dalam keterangan pers mengatakan, BPKS akan memberikan pelayanan yang maksimal dalam proses penyambutan cruise. Seperti, welcoming dance dan tradisional perfromance lainnya.

Di ring 2 Dinas Pariwisata Provinsi Aceh akan menempatkan bazar untuk masyarakat menjual souvenir, kuliner, dan lain-lain.

“BPKS sendiri akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada operator cruise, sehingga mereka akan merasa aman dan nyaman saat singgah di Kota Sabang,” harap Sayid.

Dalam hal pelayanan cruise itu, Sayid mengaku melibatkan banyak pihak untuk melakukan pelayanan terhadap wisatawan seperti melibatkan travel agent, organda, pihak kemananan dan pihak terkait lainya untuk dapat menciptakan kesan nyaman.

“Kita optimis bahwa Sabang bakal menjadi magnet kapal-kapal cruise dunia, apalagi tahun ini dijadwalkan ada tujuh Cruise yang telah mengangendakan untuk berkunjung ke Kota Sabang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Unit Manajemen Pelabuhan, Zulkarnaini Abdulah menerangkan, kapal pesiar MS. Seabourn Encore baru pertama sekali singgah di Kota Sabang. Kapal ini memiliki panjang 179.76 meter dengan lebar 27,9 Meter dan memiliki bobot 41.865 Gross Register Tonnage (GRT).

“Sebelumnya kapal ini berlayar dari Phuket Thailand, dan setelah singgah di Kota Sabang, mereka akan melanjutkan pelayaran ke Colombo,” katanya.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2018, sudah konfirmasi sebanyak tujuh kapal yakni  MS.Seabourn Encore, MS.Silver Discovery, MS.Europe 2, MS. Marella Discovery, MS.Seabourn Ovation, dan kapal islamic cruise MV.Costa Victoria. [Diki Arjuna]

Related posts