5 muslim Rohingya terombang ambing di perairan Aceh dengan perahu tanpa mesin

Etnis muslim Rohingya yang dalam keadaan lemas dan depresi saat dirawat di RSUD Aceh Timur. (ist)

Aceh Timur (KANALACEH.COM) – Kapal Nelayan Kuala Idi Aceh Timur menemukan 5 orang muslim Rohingnya yang terombang ambing dilaut lepas Indonesia, dengan menumpangi sampan tanpa mesin beberapa hari yang lalu.

Mereka ditemukan, Jum’at dini hari (6/4). Kelima warga Myanmar muslim Rohingya itu yakni dua orang laki- laki dewasa, dua wanita dan satu bocah laki- laki. Saat tiba di Aceh Timur semuanya dalam keadaan lemas.

Masing-masing ialah Muhammad Ilyas (33), Umor Syidik (28), Kamal Huson (8), Mominah (20), dan Syamimah (15).

Menurut keterangan Danpos TNI-AL Kuala Idi H.B. Aris Santo, muslim Rohingnya tersebut ditemukan oleh Kapal Kurnia King yang sekitar 167 mil dari Kuala Idi, pada Senin malam (2/4) sekira pukul 20:00 WIB dan baru tiba kedaratan Aceh Timur, Jum’at (6/4) dinihari sekira pukul 02:00 Wib.

“Etnis Muslim Rohingya yang terdampar tersebut ditemukan oleh Kapal Nelayan warga 4 hari yang lalu di lautan lepas, karena begitu jauh sehingga sekarang baru sampai kedaratan Aceh Timur,” ucapnya.

Ketika tiba di Aceh Timur, pihaknya langsung menghubungi Tim Sar dan para medis, kelima muslim Rohingya tersebut langsung di bawa ke RS.Zubir Mahmud menggunakan mobil ambulance untuk mendapat perawatan.

Belum diketahui pasti penyebab hanyutnya muslim Rohingnya tersebut, namun diduga kasus mereka sama seperti Kasus- kasus muslim Rohingya yang di temukan hanyut sebelumnya. [Erza]

Related posts