Berkah Hut Abdya, Suaidar bakal huni rumah baru

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) saat ini sedang gencar melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hut kabupaten tersebut yang ke-16. Jum’at (6/4 ).

Di momen peringatan hari Hut Abdya ini, seorang perempuan paruh baya bernama Suaidar (50) tahun warga Desa Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie mendapat berkah yang luar biasa yakni rumah tidak layak huni yang ditempatinya sendiri akan dibedah menjadi semi permanen atau layak huni.

Wakil Bupati Abdya, Muslizar yang berjanji kepada Suaidah akan merehab rumahnya dari tidak layak huni menjadi layak huni atau semi permanen.

Di janjikan Wabup bahwa rumah warganya itu akan segera dilakukan tahapan-tahapan awal mulai proses rehap. Ini meliputi pengosongan isi rumah, perkiraan bahan yang dibutuhkan, apa yang bahan-bahan apa saja dari rumah tersebut yang masih bisa digunakan dan berbagai hal lainnya.

“Ini akan segera di kerjakan buk (dibedah). Dikerjakan oleh komunitas Blangpidie Scooter Klub (Black) bekerja sama dengan Baitul Mal Abdya,” kata Wabup kepada Suaibah, saat berkunjung kekediamannya bersama Wakal Polres Abdya, Kadis PUPR dan Anggota Black.

Wabup memastikan bahwa rehap rumah tersebut akan terus dipantaunya hingga 100% siap. Bahkan, jika anggaran dari Baitul Mal tidak cukup dirinya akan mencari cara lain agar dapat menyelesaikan rehapan rumah warganya itu.

“Jika Kekurangan  kita cari dari donatur lainnya, yang penting tidak setengah-setengah,” imbuhnya.

Sementara Armayadi, atau pihak Blanck mengaku dalam minggu ini akan melakukan tahap pengosongan isi rumah untuk memulai pembuatan pondasi.

Dijelaskannya, rumah Suaidar dari sebelumnya rumah panggung akan dibedah berlantai semen. Sementara bagian dinding dari sebelumnya terbuat dari kayu akan diganti dengan dinding semen.

“Mengingat luapan air tidak terlalu tinggi rumah akan kita turunkan sedikit. Ada beberapa prabotan yang masih kita pakek, seperti daun jendela dan pintu. ini karena peninggalan keluarganya. Kalau ukuran kita sesuaikan seperti yang ada. Jika semua kebutuhan terpenuhi dua bulan siap,” katanya. [Jimi pratama]

Related posts