Lima kebiasaan sederhana jalani hidup sehat

(KANALACEH.COM) – Menjadi sehat bukan berarti harus berolah raga selama berjam-jam setiap hari dan menjalani diet ketat. Dibutuhkan dedikasi dan disiplin, seperti mengelola kebiasaan makan yang baik dan aktivitas fisik secara teratur.

Seperti dilansir di laman Republika.co.id, Selasa (10/4) ada lima kebiasaan sederhana yang mudah diikuti ke dalam gaya hidup harian:

  1. Konsumsi makanan sehat

Fokus pada buah-buahan dan sayuran segar yang sarat dengan vitamin, serat, dan antioksidan, yang telah terbukti memberikan berbagai manfaat kesehatan dan melindungi terhadap penyakit kronis.

Makan lebih banyak buah dan sayuran sebagai bagian dari gaya makan sehat secara keseluruhan sangat penting untuk menjaga pikiran dan tubuh dalam kondisi tetap prima.

Buah dan sayuran juga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan meratakan perut dalam waktu singkat. Hindari atau batasi asupan makanan olahan dan minuman manis, seperti soda, yang dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

  1. Minum banyak air

Minum banyak air sepanjang hari merupakan hal penting untuk tetap menjaga tingkat hidrasi di tubuh. Minum air yang cukup juga terbukti membantu menurunkan berat badan.

Air membantu membuang racun berbahaya dari tubuh, mempercepat pencernaan dan metabolisme secara alami, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

  1. Tetap aktif

Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Sangat penting untuk tetap aktif secara fisik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran yang baik.

Jika latihan sehari-hari tidak layak atau realistis, cobalah memilih aktivitas lain, seperti naik tangga mengurangi penggunaan lift.

  1. Tidur yang cukup

Banyak dari kita meremehkan pentingnya istirahat malam yang baik, yang merupakan bagian penting dari gaya hidup sehat dan kebahagiaan. Pastikan menjadikan tidur sebagai prioritas. Bagi orang dewasa, disarankan tidur sekitar 7-8 jam setiap malam.

Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Sedikit tidur juga mengganggu upaya penurunan berat badan.

  1. Kelola stres

Semua orang tentunya mengalami stres dalam hidupnya. Tetapi, jika mengalami stres dalam jangka waktu yang lama, hal itu dapat mempengaruhi kesehatan, baik secara fisik maupun mental.

Seseorang dapat menjadi terlalu stres akibat pekerjaan, keluarga, dan komitmen lainnya. Untuk mengatasi hal itu, perlu menyisihkan waktu untuk melepas lelah, jika tidak dapat menyebabkan kesehatan semakin memburuk.

Banyak penelitian telah menghubungkan stres yang konstan dengan sejumlah kondisi kesehatan fisik dan mental. Sehingga perlu mempelajari cara mengelola stres yang dapat bermanfaat untuk mengatasi stres. []

Komentar Facebook
Ads
Selamat menunaikan ibadah puasa 1439H, Tarmilin Usman, SE, M.Si - Ketua PWI Aceh
Ucapan Selamat Kepada Kabupaten Pidie meraih penghargaan WTP