Sabang Marine Festival 2018 akan kembali digelar, catat tanggalnya

Peserta Sabang Marine mulai berdatangan
Ilustrasi - Kapal layar wisata (yacht). (Antara Foto)

Jakarta (KANALACEH.COM) – Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang kembali menggelar Kegiatan Promosi wisata maritim yakni Sabang Marine Festival (SMF) 2018. Rencananya kegiatan ini akan pada Tanggal 26 April 2018, yang akan di pusatkan di Area Container Terminal (CT) 1, Kota Sabang.

Kepala BPKS, Sayid Fadhil dalam keterangan Pers yang berlangsung di Kementrian Pariwisata Republik Indonesia menyebutkan, Sabang Marine Festival merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh BPKS dalam rangka mempromosikan wisata Indonesia khususnya potensi wisata di Kawasan Sabang.

Sabang Marine Festival kali ini merupakan event ke-empat yang dilaksanakan oleh BPKS, dan telah membuahkan hasil yang positif dalam rangka mempromosikan Sabang ke Dunia Internasional. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kunjungan turis Asing melalui jalur laut seperti menggunakan Cruise dan Yacht.

Pada event kali ini, lanjut Sayid Fadhil sedikitnya ada 20 kapal yacht yang telah memberikan konfirmasi kehadiran untuk mengikuti Sabang Marine Festival 2018 itu.

“Kemungkinan akan lebih dari 20 Yacht, karena jika melihat dari awal 2015 dilaksanakan SMF, yacht yang hadir menunjukan peningkatan. Bahkan sebelum acara ini kami laksanakan, sudah terlihat beberapa yacht yang telah singgah,” jelas Sayid Fadhil.

Peningkatan kunjungan Yacht ini merupakan dampak dari SMF yang merupakan ajang promosi wisata sekaligus memperkenalkan potensi wisata di Kawasan Sabang.

Apalagi dengan telah ditunjukkannya Pelabuhan Sabang sebagai salah satu pintu masuk kapal wisata cruise dan yacht di Indonesia sesuai Peraturan Presiden No.105 tahun 2015 telah menunjukkan perkembangan yang signifikan atas kunjungan kapal Cruise dan kapal wisata Yacht ke Sabang.

Sepertinya misalnya peserta SMF 2015 sebanyak 17 Kapal yacht, tahun 2016 sebanyak 20 yacht dan 2017 sebanyak 23 Yacht yang berasal dari berbagai belahan dunia seperi banyak negara seperti New Zealand, Jepang, Belanda, Australia, Philiphina, USA, Denmark, Inggris, Kanada, Australia, Thailand, Swiss dan Spanyol.

Menyinggung soal kesiapan BPKS dalam pelaksanaan SMF 2018, Deputi Komersial dan Investasi, Agus Salim menambahkan, SMF akan dilaksanakan tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2018, persiapan Sabang Marine Festival telah dilakukan sosialisasi baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Ada 20 Yacht dan akan tinggal di Sabang lebih dari 1 Minggu, dan BPKS juga telah mempersiapkan tempat yakni Yachter Club dipusatkan di CT 1 dan memiliki akses yang baik serta fasilitas yang baik berupa WIFI, TV Cable dan fasilitas pendukung lainya,” jelas Agus Salim.

Tak hanya itu, BPKS juga telah menyiapkan Kantor Layanan Satu Pintu khusus melayani proses cheking/registrasi Pelabuhan yang melibatkan Karantina Pelabuhan, Imigrasi, Bea dan Cukai serta Administrator Pelabuhan atau yang lebih dikenal dengan TIM QICP. Sehingga, tim tersebut mampu menunjukan bahwa pelayanan proses cheking kapal di Sabang tercepat se-Indonesia.

” Atas support dari Tim QICP, Sabang sudah dikenal dengan pelayanan tercepat se-indonesia dan bebas pungli. Mudah-mudahan ini akan terus dapat dipertahankan,” tambahnya. [Randi/rel]

Related posts