29.7 C
Banda Aceh

Pemko Sabang tingkatkan BLK jadi BLK Maritim

Headline

- Advertisement -PHP Dev Cloud Hosting

Sabang (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kota Sabang menigkatkan status Balai Latihan Ketenagakerjaan (BLK) menjadi BLK Maritim Nasional melalui Kemendagri dan Kemenaker RI.

Rapat koordinasi tersebut ikut dihadiri oleh  Sekda Kota Sabang, Zakaria, Asisten II, Kamaruddin, Plt Kepala Bappeda, Faisal Azwar, Kadis Penanaman Modal, Sosial, dan Ketenagakerjaan Sabang, Muhammad Daud, Wakil Ketua DPRK Sabang, Afrizal, anggota DPRK, Indra Nasution, Kasubbid Keuangan Daerah dan Investasi Bappeda Aceh, Aswar S. dan pihak terkait lainnya.

Walikota Sabang Nazaruddin mengataakan, peningkatan status tersebut akan segera terwujud sebagai terobosan untuk peningkatan status BLK menjadi BLK regional khusus wilayah Sumatera yang mampu memberikan pelayanan, dan melahirkan tenaga tenaga terampil di kota sabang dan aceh pada umumnya.

- Advertisement -

“Semua dokumen administrasi untuk peningkatan status BLK sabang menjadi BLK Maritim Nasional sudah kami lengkapi, kami berharap proses peralihan ini segera dapat tercapai dengan cepat ” kata Nazaruddin di Sabang, Jumat (20/4).

Sementara itu, Direktur Penataan Daerah, Otsus DPOD Kemendagri, Dr Yusharto menyambut baik terobosan Pemko Sabang dalam peningkatan status BLK yang dialihkan kewenagan oleh Kemenaker RI.

“Aspek koordinasi otonomi daerah tetap melibatkan Kemendagri dan lembaga terkait lainnya. Agar dapat memudahkan dalam pengalihan aset, hingga dapat tertata dengan baik dalam pengelolaan kedepan,” katanya.

Rapat Koordinasi yang digelar secara teknis itu menghasilkan beberapa kesimpulan terkait pengelolaan aset antara lain :Dirjen Otda akan membentuk pokja dipusat dengan melibatkan KL dan Pemerintah Daerah.

Pemerintah daerah mempersiapkan data baik aset maupun personil, pemerintah daerah perlu membentuk tim koordinasi yang melibatkan steakholder terkait, aset perlu diaudit BPK, perlu membuat proposal mini untuk menetukan keunggulan BLK yang diinginkan seperti maritim maupun lainnya, Kemedagri berharap proses pengalihan tersebut bisa tuntas di level pokja dan proses pengalihan bisa kelar dalam tahun ini. [DA]


Berita Terkait

Cloud Hosting Indonesia

Trending

Berita Terbaru

spot_img