Seribu peserta ikut Apam Fair di Pidie

Salah satu peserta apam fair dari Kecamatan Grong-Grong Pidie sedang tot apam di Alun-Alun Kota Sigli, Minggu (29/4). (Kanal Aceh/Amir Sagit)

Sigli (KANALACEH.COM) – 1000 peserta dari 23 Kecamatan dalam Kabupaten Pidie, meriahkan apam fair tahun 2018 di Alun-Alun Kota Sigli, Minggu (29/4).

Ketua panitia pelaksana Apam Fair Kabupaten Pidie, Yusrawati kepada wartawan, Minggu (29/4) mengatakan, acara apam fair Tahun 2018 ada beberapa perlombaan seperti, seni budaya, foto zaman dan lomba tot apam.

“Tot apam merupakan adat istiadat yang sudah lama dilakukan oleh nenek moyang kita sehingga perlu dilestarikan,” sebutnya.

Tambah Yusrawati, acara ini akan diumumkan nanti malam sekira pukul 20:00 WIB hingga selesai, tentu nantinya akan ada yang juara dan mereka akan mendapat hadiah dari panitia pelaksana. Diharapkan kegiatan ini bisa menjaga adat budaya Aceh untuk dilestarikan agar tidak hilang dipermukaan, sebab banyak adat dan budaya Aceh mulai hilang dan perlu dihidupkan kembali.

Pada acara apam fair tersebut disambut meriah oleh ratusan masyarakat yang berkunjung ke lokasi, bahkan warga sangat antusias untuk menyaksikan lomba tot apam atau apam fair yang digelar oleh tim Penggerak PKK Kabupaten Pidie.

Bahkan pelaksanaan apam fair pertama kali dilakukan di Pidie dan Aceh umumnya, sehingga perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. [Amir Sagita]

Related posts