Pemkab Pidie rehab 85 unit rumah warga miskin

Pertanian ganja milik Medifarm masih dalam tahap pembangunan dimana rumah kaca masih dalam proses pengerjaan. (kompas.com)

Sigli (KANALACEH.COM) – Pemerintah Kaupaten Pidie pada tahun 2018 akan membangun sebanyak 85 unit rumah duafa dan warga miskin, rumah tersebut dibangun untuk memenuhi rumah layak huni bagi masyarakat sehingga bisa menelan angka kemiskinan di Pidie.

Kepala Bidang Fakir Miskin, Dinas Sosial Kabupaten Pidie  Pidie, Junidar kepada wartawan, Jumat (25/5) mengatakan, bantuan rumah yang diposkan pada Dinsos Pidie tersebut yaitu untuk proses rehab dan bukan pembangunan rumah baru.‎ “Bantuan pembangunan rumah ini untuk rehab, bukan bangun baru,” kata Junihar.

Untuk sumber anggaran, tambah Junihar, selain menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Pidie juga mendapat bantuan dari dana ABPA, dengan rincian 45 unit berasal dari APBK dan 50 unit bersumber dari APBK.

Junihar yang ditanya wartawan tidak bisa menyebutkan secara rinci terkait jumlah anggaran yang diberikan untuk rehab rumah fakir miskin dan kaum dhuafa di Pidie.‎ “Untuk 85 orang penerima manfaat, saat ini sedang kami verifikasi,” sebut dia.

Proses verifikasi terhadap penerima manfaat, pihaknya melibatkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Dinsos Aceh.

Tim dari Dinsos Aceh dan TKSK Pidie yang sedang mendata kembali ‎bantuan rehab rumah, sumber APBA 2018 berada disejumlah kecamatan, seperti di Kecamatan Grong-Grong 12 unit, Mutiara delapan unit, Geulumpang Baro enam unit, Mila lima unit, Mutiara Timur tiga unit, Kota Sigli dua unit, Peukan Baro satu unit, Tangse satu unit dan di Kecamatan Muara Tiga satu unit.

 Sedangkan sumber APBK, enam unit di Kecamatan Pidie, 6 unit di Batee, 4 unit di Peukan Baro,  4 unit di Simpang Tiga, 4 unit di Geulumpang Tiga, 7 unit di Tangse, 3 unit di Kota Sigli, 2 di Mutiara, 3 unit di Gelumpang Baro.

“Kecamatan Mutiara Timur, Grong-Grong, Delima, Sakti dan Muara Tiga masing-masing dibantu rehap satu unit rumah,” debut Junihar. [Amir Sagita]

Related posts