Cek Mad buka safari gerakan Nasional gemar membaca

(ist)

Lhoksukon (KANALACEH.COM) – Bupati Aceh Utara H Muhammad Thaib membuka kegiatan safari Gerakan Nasional Gemar Membaca yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional RI, di aula Panglateh Lhoksukon, Selasa (17/07).

Dalam kesempatan tersebut, Cek Mad sangat mengapresiasi jajaran Perpustakaan Nasional yang telah memilih Kabupaten Aceh Utara sebagai salah satu lokasi kegiatan safari gerakan membaca. Menurut Cek Mad, sapaan akrab Bupati, kegiatan ini sangat penting dalam rangka menumbuhkan minat baca masyarakat, baik dari kalangan sekolah maupun masyarakat umum.

Cek Mad menambahkan perpustakaan dan minat baca sangat erat kaitannya dengan pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. “Dengan adanya kegiatan gerakan gemar membaca akan dapat melecut minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan, serta dapat mengambil ilmu yang bermanfaat dari buku yang tersedia di sana,” harapnya.

Ia mengajak para peserta untuk mengakrabkan diri dengan buku-buku, kitab-kitab dan segenap bahan bacaan. Buku dan kitab adalah lentera dunia, gudang ilmu. Untuk itu Cek Mad mengajak masyarakat untuk menjadikan buku sebagai sahabat keluarga dan anak-anak.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muh Syarif Bando, MM, mengatakan safari gerakan gemar membaca ini dimaksudkan untuk memasyarakatkan dan mempromosikan perpustakaan dan budaya gemar membaca secara langsung kepada masyarakat. Diharapkan seluruh lapisan masyarakat untuk belajar sepanjang hayat (long life education) dengan memanfaatkan perpustakaan.

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan itu Kepala Perpustakaan Nasional RI Drs Muh Syarif Bando, MM, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Aceh, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Utara, serta para pegiat literasi. Sedangkan para peserta di antaranya para guru dan kepala sekolah, pengelola perpustakaan sekolah, dayah, dan perguruan tinggi, pengelola taman baca, pemerhati perpustakaan, siswa SLTA, LSM, karang taruna, budayawan, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. [Rajali Samidan]

Related posts