Bacaleg Abdya uji baca Alquran

Bacaleg di Abdya uji baca Alquran. (ist)

Blangpidie ( KANALACEH.COM ) –  Bakal calon legislatif  (Bacaleg) di Kabupaten Abdya mengikuti tes baca Alquran sebagai salah satu syarat pencalonan menjadi calon legislatif.

Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas Agus Mudaksir mengatakan, tes baca Alquran telah dimulai kepada bacaleg sejak Selasa (24/7).

Hari pertama uji baca Alquran tersebut dilakukan kepada bacaleg dari Partai Garuda, PKS, PDIP, PSI, PKB, PNA, Hanura, Golkar, PA, PDA.

“Hari ini dilakukan tes baca Al-qur’an  dan  dilanjutkan lagi oleh bacaleg dari partai politik lainnya, hingga sampai tanggal 25 Juli 2018, sebagaimana yang telah dijadwalkan dan telah diketahui bersama oleh semua parpol peserta pemilu,” jelas Agus

Sementara itu, jenis penilaian yang akan dilakukan kepada bacaleg dalam uji baca Alquran antara lain, adab, tajwid, dan falshahah.

Sedangkan yang menjadi penguji untuk tes baca Alquran adalah dari tim penguji terdiri dari LPTQ, MPU dan Kemenag Aceh Barat Daya.

“Materi uji baca Alquran yang dilakukan kepada para pasangan bakal calon tersebut antara lain, kefasihan dalam membaca, etika, dan adab membaca Alquran,” kata Agus. [Jimi Pratama]

Related posts