Sambut gerhana bulan terlama Abad ini, Kemenag Aceh siapkan 8 teleskop

Gerhana bulan. (ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Bedasarkan perhitungan tim falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, bahwa pada tanggal 28 juli 2018 M bertepatan dengan 15 Dzulqa’idah 1439H. akan terjadi fenomena alam yang berkaitan dengan ibadah umat Islam, yaitu gerhana bulan total di wilayah Indonesia,  termasuk untuk Wilayah Provinsi Aceh.

Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh mengatakan bahwa Gerhana bulan yang terjadi pada dini hari tersebut merupakan gerhana bulan dengan durasi terlama terjadi pada abad ini dan Aceh adalah salah satu wilayah di seluruh indonesia yang dapat memantau gerhana secara keseluruhan.

Dalam rangka Menyambut peristiwa tanda kekuasaan Allah tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Agama  Aceh menyiapkan 8 teleskop untuk pengamatan gerhana tersebut di halaman Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh di Jalan Abu Lam U, No. 9 Banda Aceh. Mulai dari pukul 01:24 Wib.

“InsyaAllah Kemenag Aceh akan menyiapkan 8 teleskop pengamatan di halaman kanwil kemenag Aceh dan terbuka untuk masyarakat umum, walau tengah malam, silahkan bagi yang ingin mengamati peristiwa tersebut,” ujar Kakanwil didampingi Kabid Urais Binsyar, H. Hamdan, MA. Dalam pesan tertulis yang diterima, Rabu (25/7).

Selain pengamatan gerhana bulan, Kemenag Aceh juga mengajak masyarakat untuk melaksanakan shalat Khusuf.

“Sehubungan dengan peristiwa gerhana bulan, selain pemantauan, juga melaksanakan shalat Khusuf di Kanwil, kami juga menghimbau kepada masyarakat Aceh untuk melaksanakan ibadah shalat sunnah khusuf di Masjid, mushalla, Dayah atau tempat keramaian lainnya pada waktu tersebut di atas, masyarakat dpaat melaksanakan shalat khusuf hingga waktu menjelang subuh,” ujar Kakanwil.

“Pemberitahuan tentang gerhana dan himbauan shalat khusuf juga sudah kami kirim ke semua Kankemenag Kabupaten/Kota Se Aceh untuk diteruskan kepada Instansi terkait, Ormas, dan masyarakat,”lanjut Kakanwil.

Kakanwil menyampaikan,  Tim Falakiyah Kemenag Aceh akan memasangkan 2 teropong di lantai dua kantor dan 6 lagi akan ditempatkan di halaman kantor.

Secara rinci pakar Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, S. HI. MH. Menjelaskan waktu terjadinya gerhana bulan tersebut Untuk Wilayah Provinsi Aceh terjadi pada pukul:

Awal penumbral : 00:14:49 wib

Awal kontak gerhana: 01:24:27 wib

Mulai gerhana total:

02:30:15 wib

Puncak gerhana total: 03:21:44 wib

Akhir gerhana total: 04:13:12 wib

Akhir kontak gerhana:

05:19:00 wib

Akhir penumbral: 06:28:37 wib

“Gerhana bulan total kali ini adalah gerhana dengam durasi terlama pada abad in, yaitu hingga 3 jam 54 menit 33 detik, Mengenai kemungkinan gerhana terpantau sangat tergantung pada keadaan cuaca, kalau cuaca bagus maka gerhana bulan total dapat dilihat,” ujar Alfirdaus. [Randi/rel]

Related posts