Plt Gubernur Aceh lepas tim Aceh untuk NTB

(Foto: BPBA)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah  melepas relawan Aceh untuk Lombok di Aula Pendopo Wakil Gubernur Aceh, Banda Aceh pada Kamis, (9/8).

Tim relawan Aceh yang akan berangkat besok pagi 10 Agustus 2018 tersebut berjumlah 15 orang terdiri dari utusan BPBA 2 orang, Dinsos Aceh 1 orang, Dinkes Aceh 1 orang, RSUDZA 6 orang dan UNSYIAH 5  orang.

Tim relawan ini diberangkatkan ke Lombok Utara dalam rangka misi kemanusiaan untuk gempa bumi yang terjadi di Lombok Utara berskala 7.0 SR pada 5 Agustus lalu dan menelan korban sebanyak 131 orang meninggal dunia.

Koordinator Tim Relawan Dr. dr Syafrizal mengatakan,  tim yang akan berangkat ini dinamakan Tim Aceh untuk NTB. Tim ini diharapkan dapat membantu korban bencana dan memberikan solusi serta berbagi duka dengan korban gempa.

Syafrizal menambahkan, Tim akan melakukan asesmen dalam bidang kesehatan, melakukan  asesmen terhadap dampak bencana, asesmen kebutuhan korban gempa serta kebutuhan pengungsi.

Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah sangat mengapresiasi SKPA dan institusi yang bekerja cepat untuk membentuk relawan dan berkoordinasi antar institusi sehingga kita bisa cepat merespon kejadian gempa di Lombok dan wilayah lain di NTB.

Nova mengatakan, Penderitaan di Lombok sudah pernah kita alami di Aceh seperti yang kita alami sewaktu tsunami 2004 lalu. “Saudara kita di Lombok tentu sangat memerlukan bantuan, kita terpanggil. Tim ini kita bentuk demi kemanusiaan dan mudah-mudahan mendapat Ridho dari Allah SWT” ujar Nova.

Kepala Pelaksana BPBA Teuku Ahmad Dadek yang sebelumnya memimpin rapat koordinasi tim relawan serta sebagai koordinator penggalangan dana, secara terpisah mengatakan, nantinya donasi dari Pemerintah dan masyarakat Aceh diharapkan bisa membantu korban gempa di NTB seperti untuk pembangunan rumah ibadah atau sekolah. Tercatat saat ini Sumbangan untuk Gempa NTB sudah mencapai Rp 400 juta. [Randi/rel]

Related posts