Deputi Arsip Nasional RI berikan perangkat aplikasi SIKD ke Pemerintah Aceh

(ist)

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Deputi Pembinaan Arsip Nasional RI, Andi Kasman menyerahkan Perangkat Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD)  kepada Pemerintah Aceh yang diterima langsung oleh Plh. Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah.

Penyerahan perangkat aplikasi itu dilakukan pada acara penutupan Pameran Kesejarahan dan Budaya serta pengukuhan dan Pelantikan pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia Wilayah Aceh di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Selasa (14/8).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh, Wildan dalam kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya akan mengimplementasikan SIKD dilingkungan pemerintah Aceh dan lembaga Kearsipan Kabupaten/Kota sesuai dengan wilayah pembinaannya.

“SIKD merupakan software atau perangkat lunak yang digunakan oleh pencipta arsip guna memudahkan dalam pengelolaan arsip dinamis, dari terciptanya arsip sampai dengan masa penyusutannya,” ujar Wildan.

Sementa itu Plh. Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, mengatakan aplikasi SIKD merupakan terobosan penting dalam upaya peningkatan pengelolaan arsip daerah, selain itu program tersebut juga sejalan dengan salah satu program unggulan Aceh yaitu Aceh SIAT.

“Kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada Arsip Nasional RI yang telah menyerahkan Perangkat Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Daerah kepada Pemerintah Aceh,” kata Taqwallah.

Taqwallah meminta Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh untuk segera mensosialisasikan dan menerapkan penggunaan aplikasi SKID di unitnya masing-masing dan juga ke seluruh SKPA. Agar upaya mewujudkan sistem informasi terpadu di Aceh, dapat terlaksana dengan baik.

“Semoga ini tidak menjadi arsip, tapi langsung dimanfaatkan pada kesempatan pertama,” ujar Taqwallah.

Bagi – bagi Ratusan Hadiah dan Doorprize

Pada kesempatan tersebut, Taqwallah juga menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan serangkaian kegiatan Pameran Kesejarahan dan Budaya, Lomba Kepustakaan dalam rangka PKA ke 7.

Dalam kesempatan tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh  juga menyerahkan ratusan hadiah dan doorprize kepada sejumlah pemenang lomba, dan doorprize diberikan untuk para pengunjung pameran.

Hadiah dibagikan untuk pemenang lomba diantaranya, lomba Perpustakaan gampong terbaik, lomba Perpustakaan Sekolah terbaik, lomba bercerita, lomba rangking satu, lomba musikalisasi puisi, dan lomba jinggel perpustakaan.

“Ini sebagai motivasi bagi generasi kita untuk dapat kreatif dan inovatif, juga sebagai suntikan bagi para pengunjung kita agar lebih mengenal Arsip sebagai edukasi mengenai perjalanan sejarah Aceh dan meningkatkan minat baca,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kerasipan Aceh, DR. Wildan.

Dalam Ksempatan tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh menyediakan ratusan hadiah, dengan hadiah utama tiga unit sepeda. [Randi/rel]

Related posts