Aceh Barat tuan rumah peringatan Hari Santri Nasional di Aceh

Ilustrasi.

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menetapkan Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, sebagai tempat Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) IV 2018 di Provinsi Aceh.

Penetapan tersebut dituangkan dalam Surat keputusan Kakanwil Kemenag Aceh nomor 538 tentang penetapan tuan rumah penyelenggara Hari Santri Nasional IV Provinsi Aceh tahun 2018.

“Tahun ini  upacara atau peringatan Hari Santri Nasional Provinsi Aceh akan di laksanakan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, namun selain itu Kemenag juga menginstruksikan kepada Kakankemenag Kabupaten/Kota di seluruh Aceh untuk melaksanakan upacara peringatan hari santri, juga di Dayah Dayah untuk menyemarakkan HSN 2018,” ujar Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh didampingi Kasubbag Inmas, Muhammad Nasril di Banda Aceh, Kamis (18/10).

Untuk Pelaksanaan upacara peringatan hari santri di kabupaten/ kota ada yang melaksanakan pada tanggal 21 atau 22 Oktober, Sedangkan di Tingkat Provinsi Aceh akan di gelar pada 20 Oktober 2018 di halaman Kantor Bupati Aceh Barat. Sedangkan secara Nasional, puncak peringatan hari santri  2018 akan dilaksanakan di lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat pada tanggal 21 Oktober 2018 malam.

Peringatan hari santri nasional tahun ini merupakan yang keempat kalinya diperingati sejak ditetapkan oleh Presiden RI, Joko Widodo, melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015, sedangkan Peringatan HSN di Aceh merupakan tahun kedua, sebelumnya dilaksanakan di Dayah Amal, Kabupaten Aceh Timur.

“Hari Santri merupakan hari di mana kita mengenang peristiwa bersejarah, santri mempunyai peran penting dalam berjuang memperebutkan kemerdekaan Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober,” sebut Kakanwil.

Adapun Tema HSN 2018 yang ditetapkan oleh Kementerian Agama adalah “Bersama Santri Damailah Negeri”.

Melalui tema tersebut diharapkan kaum santri menyadari tanggung jawab yang lebih besar dalam menjaga, memelihara, dan merawat keindonesiaan.

Sementara Kakankemenag Aceh Barat, Khairul Azhar, mengatakan bahwa Aceh Barat Siap menjadi tuan rumah Peringatan HSN 2018, bahkan pemerintah daerah juga telah mengalokasikan dana khusus untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Selain itu, dalam memeriahkan HSN 2018,  Kemenag dan Pemerintah Aceh Barat juga melaksanakan serang kegiatan yang dimulai sejak Sabtu (12/10), dan dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat H Ramli MS di Aula Setdakab setempat beberapa waktu lalu. [Randi/rel]

Related posts