Minum kopi 4 cangkir sehari dapat turunkan risiko diabetes hingga 25%

Rahasia tidur nyenyak, jangan minum kopi di siang hari
ilustrasi. (minumkopi.com)

(KANALACEH.COM) – Kebiasaan minum kopi telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap jantung. Kini penelitian terbaru mengungkapkan manfaat lain dari minuman berkafein itu. Hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli di Eropa menunjukkan minum 3-4 cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Seperti yang telah diketahui, prevalensi diabetes meningkat. Terutama diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup terlalu banyak konsumsi makanan manis, obesitas, dan kurang aktivitas fisik. Dengan minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe hampir mencapai 25%.

Baca: Kopi bisa jadi pendongkrak performa olahraga

Penurunan risiko ini terjadi pada pria maupun wanita yang mengonsumsi kopi. Bahkan efek perlindungan juga ditemukan pada mereka yang mengonsumsi kopi tanpa kafein. Ternyata dari hasil penelitian menemukan perlindungan bukan hanya didapat dari kafein, tetapi juga campuran senyawa termasuk asam hydroxycinnamic terutama asam klorogenat, trigonelline, diterpenes seperti cafestol dan kahweol, serta asam caffeic.

Baca: 4 alasan kenapa harus minum air putih sebelum konsumsi teh atau kopi

Hasil penelitian diperoleh dari analisis 30 studi prospektif yang melibatkan total 1.185.210 peserta. Kemudian hasil itu dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) 2018 di Jerman. Menurut salah seorang peneliti, Profesor Kjeld Hermansen dari Aarhus University di Denmark, sejumlah faktor dari kopi mungkin terlibat dalam perlindungan.

Faktor-faktor itu antara lain efek antioksidan, efek anti-inflamasi, efek termogenik, atau modulasi keragaman mikrobioma yang ada pada kopi. Di sisi lain, kopi membuat terjadinya kaskade dimana ada perubahan bermanfaat di hati yang berlemak dan adipocytokines inflamasi yang berkaitan dengan pengurangan risiko diabetes. Hasil penelitian ini menambah panjang daftar manfaat kopi bagi kesehatan.

Penelitian sebelum-sebelumnya mengatakan kopi memainkan peran penting dalam meningkatkan energi dan perhatian. Minuman ini dianggap dapat membantu tubuh membakar lemak. Kopi juga dapat menurunkan risiko depresi, multiple sclerosis, serta mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan Parkinson. Demikian seperti yang dilansir laman Okezone, Sabtu  (17/11).

Related posts