Banjir rusak 35 hektare sawah di Aceh Barat

Ribuan hektare sawah di Aceh Utara terendam banjir
Sawah di Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara terendam banjir. (Ist)

Meulaboh (KANALACEH.COM) – Seluas 35 hektare lahan sawah yang telah ditanami milik masyarakat di Kecamatan Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat rusak akibat diterjang banjir yang melanda kawasan setempat.

“Lahan sawah yang rusak akibat banjir ini tersebar dalam beberapa gampong/desa yang ada dalam Kecamatan Woyla Barat,” kata Camat Woyla Barat, Kabupaten Aceh Barat, Fadlian Syahputra seperti dilansir laman Antara, Selasa (4/12).

Ia menjelaskan area persawahan yang rusak akibat banjir di beberapa gampong itu adalah padi yang telah ditanam dengan umur 3 sampai 4 minggu dengan kondisi terendam lumpur dan sebagian terbawa air.

Ads

Ia mengatakan banjir yang merendam beberapa gampong di Kecamatan Woyla Barat tersebut juga menyebabkan ternak kerbau milik petani di kawasan setempat mati.

Selain merusak areal pertanian dan ternak milik masyarakat di beberapa gampong di Kecamatan Woyla Barat, musibah banjir yang melanda kawasan tersebut pada 1 Desember 2018 itu juga menggerus ruas jalan kabupaten di lintasan Peuribu-Blang Cot Rubek, Kecamatan Woyla Barat.

“Kami juga akan segera melaporkan ke Pemerintah Kabupaten terhadap kerugian yang ditimbulkan oleh musibah banjir, semoga kondisi ini mendapat perhatian serta dapat dilakukan tindak lanjut dari instansi terkait,” katanya.

Ia menambahkan, meski banjir pada Selasa sore sudah mulai surut, namun jika intensiatas hujan tinggi, maka kawasan tersebut akan kembali digenangi banjir.

“Alhamdulillah warga yang sebelumnya mengungsi ke rumah tetangga saat banjir, hingga kemarin juga sudah mulai kembali ke rumah masing-masing,” katanya. []

Ads GAMIFest Panen Kopi 2018