BPBA ingatkan warga tidak sebar informasi hoax tentang bencana

Agar tak termakan hoax, millennials perlu perhatikan 3 hal ini

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Badan penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengingatkan, masyarakat agar tidak percaya informasi yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, tentang akan adanya fenomena alam berupa pasang air laut yang akan terjadi hingga 1 Januari 2019.

Dimana sebelumnya, beredar informasi di Medsos tentang akan adanya fenomena yang tidak terduga khususnya pada daerah yang dekat dengan pantai seperti Banda Aceh dan Aceh Besar.

Menurut informasi yang belum tentu kebenarannya tersebut, menyebutkan bahwa beberapa hari ini tidak ada gerhana ataupun super moon, tetapi bulan terlihat besar dan terang yang meneyebabkan pasang surut gelombang air laut tidak menentu.

Informasi itu juga menghimbau masyarakat untuk menyiapkan segala barang bawaan dan dokumen penting dalam tas, agar ketika ada musibah dokumen itu bisa di bawa lari secara bersamaan. Sebab, musibah membuat orang panik. Informasi itu juga mencatut nama Kominfo Banda Aceh dan Aceh Besar.

Baca: Kominfo tegaskan SMS soal bencana akhir Tahun 2018, itu Hoax

Kepala BPBA, T Ahmad Dadek menyebutkan pihaknya bersama Kominfo Aceh tidak pernah mengeluarkan imbauan seperti itu. Informasi itu, kata dia, tidak benar.

“Kami Kalak BPBA dan Kadis Kominfo Aceh menyatakan bahwa berita tersebut tidak benar, dan sudah kami konfirmasi dengan  Kominfo Banda Aceh dan Aceh Besar bahwa berita tersebut tidak pernah mereka keluarkan,” katanya dalam keterangannya, Selasa (25/12).

Ia menjelaskan, dalam sistem penanggulangan Bencana di Indonesia yang berhak menerbitkan peringatan dini adalah BMKG. Masyarakat wajib belajar dan mengetahui bencana yang ada di sekelilingnya dan cara pengurangan risikonya dan BPBA bertanggung jawab untuk mensosialisasikan Pengurangan Risiko Bencana.

Sehingga informasi yang disebarkan dan mencatut nama Kominfo Banda Aceh dan Aceh Besar itu tidak benar alias hoax. [Randi]

Related posts