Teuku Riefky ajak pemuda lestarikan adat dan budaya Aceh

Teuku Riefky Harsya . (Rmol)

Blangpidie (KANALACEH.COM) – Anggota MPR-RI, Ir Teuku Riefky Harsya mengajak seluruh elemen masyarakat Aceh untuk terus aktif melestarikan budaya dan adat istiadat.

Hal tersebut disampaikan oleh Teuku Riefky Harsya di depan 150 peserta empat pilar kebangsaan, Selasa (15/1) di Hotel Sartika, Aceh Tenggara.

“Sudah seharusnya kita menjaga budaya dan adat istiadat kita. Ini penting, mengingat perkembangan zaman dan teknologi terus masuk dari semua sisi,” ujar Anggota MPR-RI, Teuku Riefky Harsya.

Menurutnya, Aceh merupakan salah satu provinsi yang memiliki adat dan budaya yang beragam. Keberagaman tersebut harus tetap terjaga dan bisa diwariskan kepada anak cucu.

“Sejauh ini, memang komitmen pemerintah sangat tinggi dalam menjaga danmelestarikan budaya Aceh ini. Hal itu dapat dilihat dengan dilaksanakan kegiatan PKA yang secara rutin,” sebut mantan ketua Komisi X DPR-RI ini.

Kegiatan PKA, tambahnya, merupakan momentum melestarikan adat dan kebudayaan.

Selain itu, ia juga mengajak semua elemen masyarakat yang cinta budaya harus bergerak aktif untuk  menghalau ancaman dari budaya luar yang telah telah memudarkan identitas kedaerahan.

Dalam kesempatan itu, Riefky berpesan kepada para peserta untuk tidak terjebak dengan rayuan kelompok orang yang ingin menyesatkan, dan memengaruhi untuk menghancurkan keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia.

“Salah satu untuk mengatasi persoalan itu harus kita tanamkan empat pilar sejak dini. Pertama, kita harus memberi semangat dan motivasi kepada adik-adik semua, untuk mencintai tanah air dan bisa memiliki rasa bela negara, karena Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal merupakan sebagai landasan berdirinya dan tegaknya bangsa Indonesia,” pinta wasekjend DPP Demokrat ini.

Karena, sambungnya, dalam sistem pemerintahan, keempat pilar itu memiliki peran besar sebagai perwujudan persatuan bangsa dan  kegiatan sosialisasi itu sangat penting dan terus dilakukan.

“Atas dasar sejumlah persoalan itulah, empat pilar ini perlu disosialisasikan kepada masyarakat, karena empat pilar ini merupakan hal dasar sebagai landasan berdirinya dan tegaknya bangsa Indonesia,” ungkapnya. [Jimi Pratama]

Related posts