BPBK Abdya Bersihkan Tumpukan Sampah di Jembatan Pulau Kayu

Pembersihan sampah di bawah jembatan. (Kanal Aceh/Jimi Pratama)

Blangpdie (KANALACEH.COM) – Anggota Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya melakukan  membersihkan sampah dan kayu yang menumpuk di bawah jembatan Pulau Kayu, Kecamatan Susoh.

Pembersihan sampah di aliran Sungai ini dikerjakan pada Kamis (14/3). Pantauan dilokasi, sampah yang menumpuk diakibatkan kayu dan bambu yang tersangkut di tiang jembatan.

Dalam kegiatan ini, petugas selain melakukan pembersihan secara manual, juga ada menurunkan alat pemotong kayu. Kegiatan itu juga turut dibantu oleh Muspika Kecamatan Susoh.

Ads

“Saya sangat apresiasi kepada para relawan BPBK abdya, SAR, RAPI dan Tagana yang begitu antusias untuk membersihkan sungai dari sampah-sampah atau ranting kayu yang menghambat aliran sungai,” Kata Kepala BPBK Abdya, Amiruddin.

Menurutnya, penyebab  sampah yang tertumpuk itu  karena curah hujan tinggi beberapa waktu lalu. Selain itu apabila sudah terjadi penumpukan sampah dengan volume besar akan beresiko terhadap konstruksi dari jembatan Pulau Kayu ini.

Dalam kesempatan itu Amiruddin juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah kesungai.

“Sampah yang dibuang sembarang ke sungai, justru akan membuat aliran air menjadi tersumbat. Air yang seharusnya bisa mengalir dengan lancar menjadi tersumbat. Sehingga menyebabkan bencana banjir,” ujarnya. [Jimi Pratama]

Ads