Sabang Luncurkan Program Bantuan Tunai Untuk Anak

Walikota Sabang memberikan bantuan secara simbolis. (Foto: Humas Sabang)

Sabang (KANALACEH.COM) – Wali Kota Sabang Nazaruddin memenuhi janjinya untuk meluncurkan Program Geunaseh Sabang, di Aula lantai IV Kantor Walikota Sabang, Senin (8/4).

Gerakan Untuk Anak Sehat (Geunaseh) Sabang merupakan program Pemerintah Kota Sabang yang didukung oleh Unicef Aceh dan Flower Aceh sebagai mitra pelaksanaan.

“Program ini merupakan wujud nyata dari realisasi janji yang pernah Kita sampaikan. Alhamdulillah, gerakan Kita mendapat dukungan dari Unicef dan Flower Aceh sebagai mitra pelaksanaan ini” ujar Tgk Agam.

Baca: Mantul! Pemko Sabang Gratiskan Gas 3 Kg Bagi Warganya Setiap Bulan

Ia mengatakan pentingnya intervensi terpadu penanganan malnutrisi dan stunting di Kota Sabang, harus ditangani secara terintegrasi. Agar tidak menyebabkan berbagai masalah lanjutan terkait gizi, dan berdampak pada ancaman kehilangan generasi sehat di kota Sabang.

Untuk penanganan tersebut, pihaknya meluncurkan program bantuan tunai yang dinamakan Gerakan untuk Anak Sehat Sabang atau disingkat Geunaseh Sabang.

“Program ini merupakan salah satu layanan Pemerintah Kota Sabang untuk penanganan malnutrisi dan stunting, tujuannya meningkatkan cakupan nutrisi dan akses terhadap layanan kesehatan bagi seluruh anak sabang yang berumur 0 – 6 tahun dan ibu menyusui melalui pemberian bantuan transfer tunai sebesar 150rb per anak per bulan” ujarnya.

Program ini sebagai respon cepat terhadap tingginya jumlah kasus malnutrisi dan stunting di Sabang. Seperti yang diketahui, berdasarkan data aplikasi elektronik pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat (E-PPGBM), pada tahun 2018 angka stunting balita di Kota Sabang mencapai 540 dari 2.037 balita atau sebesar 26.5%, dengan kata lain, 1 dari 4 balita di Kota Sabang mengalami stunting. Jumlah ini melampaui batasan yang ditetapkan badan kesehatan dunia (WHO) sebesar 20%.

Tgk Agam juga mengingatkan bahwa terobosan melalui Geunaseh Sabang ini, sejalan dengan Visi Pembangunan Kota Sabang yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kota Sabang tahun  2017-2022.

Perwakilan UNICEF Aceh, Julia Hoeffmann memberikan apresiasi terhadap terobosan program yang digawangi oleh Pemerintah Kota Sabang, dan berharap dapat segera diduplikasi oleh Kabupaten/Kota lainnya di Aceh.

“Hari ini Pemerintah Sabang resmi meluncurkan program pemberian bantuan dana pemenuhan kebutuhan esensial anak 0 – 6 tahun yang diberi nama Gerakan Untuk Anak Sehat Sabang atau Geunaseh Sabang. Hal ini merupakan langkah maju Pemerintah Kota Sabang menuju “welfare city” dan menjadi Kabupaten dan Kota pertama di Indonesia yang akan memiliki program jaminan sosial masyarakat tanpa syarat,” tegasnya. [Randi/rel]

Related posts