Generasi Milenial Mulai Lirik Liburan dengan Kapal Pesiar

(Foto: Humas Sabang)

(KANALACEH.COM) – Generasi milenial dikenal senang melakukan hal-hal tak biasa dan tidak terpikirkan oleh generasi sebelumnya. Hal yang sama terjadi dalam sektor wisata menggunakan kapal pesiar.

Ketika generasi lawas masih berpikir berpesiar merupakan liburan mewah yang sulit untuk dilakukan, tidak demikian dengan kaum milenial. Kelompok milenial di Indonesia diketahui mulai tertarik untuk melakukan wisata kapal pesiar.

Baca: 5 Kapal Pesiar Akan Singgah di Sabang, Angkut Ribuan Turis

Menurut data yang dimiliki perusahaan kapal pesiar terkemuka dunia, Princess Cruises ada peningkatan permintaan berwisata pesiar dari masyarakat Indonesia. Selain kelompok milenial , demand terbesar untuk wisata pesiar dari masyarakat Indonesia datang dari mereka yang belum pernah berpesiar sebelumnya serta grup keluarga besar.

Umur rata-rata wisatawan Indonesia yang berpesiar adalah 42 tahun. 28 persen wisatawan tersebut berusia 20-39 tahun, yang berarti ada daya tarik dan permintaan cukup besar dari generasi milenial untuk liburan dengan kapal pesiar.

Baca: Dua kapal pesiar singgah di Sabang, angkut 2.321 Wisman

“Milenial sudah mulai ikut cruise,” tutur Farriek Tawfik, Direktur Asia Tenggara Princess Cruises seperti dilansir laman Okezone.com, Sabtu (13/4).

Menurut Farriek, meskipun minat wisatawan Indonesia, khususnya kelompok milenial untuk berwisata pesiar meningkat, namun ada halangan yang membuat mereka tak bisa berpesiar secara maksimal. Halangan itu adalah lama cuti atau liburan yang dimiliki para milenial .

Kelompok milenial yang kebanyakan adalah karyawan biasanya hanya bisa mengambil cuti 3-5 hari dari kantornya. Hal tersebut membuat mereka tak bisa wisata pesiar dalam kurun waktu yang lama atau mengambil paket ke destinasi yang jauh.

“Cuti yang jadi masalah. Karena itu, milenial lebih sering ambil paket cruise yang pendek-pendek. Padahal kalau trip hanya 3-4 hari di kapal pesiar itu tidak cukup,” jelas Farriek.

Dari data Cruise Line International Association, rata-rata turis Indonesia berwisata pesiar selama 4 hari. 70 persen di antaranya memilih pesiar di kawasan Asia karena singkatnya waktu yang dimiliki.

Di sisi lain, Alaska dan Amerika Serikat menjadi salah satu destinasi paling populer di kalangan wisatawan asal Indonesia. Menyusul di belakang dua destinasi tersebut adalah Eropa dan Mediterania. []

Related posts