BMKG Aceh Imbau Warga Waspadai Hujan Ekstrem

Ilustrasi hujan badai. (viva)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Sejak beberapa hari terakhir Aceh diguyur hujan dengan intesitas tinggi disertai angin kencang. Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga tetap waspada, dikarenakan sebagian wilayah Aceh akan mengalami hujan ekstrem.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blangbintang, Aceh, Zakaria mengatakan cuaca buruk yang melanda sejak tiga hari terkahir, karena Low Pressure telah meningkat menjadi Tropical Storm yang diberi nama Fani. Sehingga beberapa daerah di Aceh akan mengalami hujan ekstrim.

“Ini perlu waspada kemungkinan besar sebagian Aceh akan mengalami hujan extreme,” ujar Zakaria kepada wartawan, Senin (29/4).

Ads

Aceh, kata dia masih berpotensi tejadi hujan sedang hingga lebat karena faktor gangguan di Samudera Hindia Barat Daya berupa Low Pressure. Akibatnya, di daratan dan pesisir Barat Selatan Aceh terjadi belokan angin.

“Sebagian Aceh lainnnya terjadi konvergen (mengerucutan) arah angin. Dengan demikian pergerakan angin melambat diwilayah kita yang membuat menumpuk uap air di atmosfer Aceh, sehingga terbentuklah awan-awan konvektif awan hujan,” katanya.

Khususnya bagi para nelayan di Aceh, Zakaria mengimbau agar berhati-hati saat melaut, karena dengan tumbuhnya awan-awan konvektif akan terjadi cuaca buruk, angina kencang, dan peningkatan gelombang.

“Begitu juga kepada masyarakat di daratan agar waspada angin kencang, bahaya petir, banjir untuk dataran rendah,” sebutnya. [Rino Babahrot]