Partisipasi Pemilih di Banda Aceh Melebihi Target Nasional

Ilustrasi. (KR)
--Ads--
loading...

Banda Aceh (KANALACEH.COM) – Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 di Kota Banda Aceh yang digelar Rabu, 17 April 2019 mengalami kenaikan. Hal ini tidak terlepas dari keberhasilan sosialisasi yang dijalankan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Banda Aceh.

Ketua KIP Banda Aceh, Indra Milwady mengatakan, pada Pilkada tahun 2017 lalu partisipasi masyarakat tercatat 63,9 persen. Hal itu melonjak drastis di Pemilu 2019, partisipasi masyarakat menyalurkan hak pilih tercatat 78,67 persen.

Baca: Dorong partisipasi pemilih, KIP Banda Aceh rekrut relawan demokrasi

Ads

“Kesadaran masyarakat menyalurkan hak pilih setiap pemilihan umum di Banda Aceh terus meningkat,” kata Indra saat diwawancarai di Kantor KIP Banda Aceh, Senin (29/4).

Ia menjelaskan, jumlah total masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya berjumlah 123.847 orang, dari Daftar Pemilih Tatap berjumlah 157.421. Jumlah pemilih itu, kata dia, tertinggi sepanjang sejarah pemilu di Banda Aceh.

“Untuk presentase, 78,67 persen lebih tinggi dari target Nasional, 77,5 persen. Ini juga tertinggi sepanjang sejarah pemilu di Banda Aceh,” kata dia. [Randi]