BNNK Sabang Beri Pelatihan ke Institusi Pendidikan dan Kelompok Gampong

  • Whatsapp
Kepala BNNK Sabang Jauhari, didampingi staf BNNK Sabang saat memberikan Pelatihan Ke Kelompok Gampong dan Institusi Pendidikan di Aula Museum BPKS Sabang. (Kanal Aceh/Diki)

Sabang (KANALACEH.COM) – Badan Norkatika Nasional Kota (BNNK) Sabang menggelar penguatan anti Narkoba kepada Institusi Pendidikan dan kelompok masyarakat, kamis (9/5).

“Ini merupakan salah satu langkah yang baik. Kalau kita membuat proteksi untuk penyebaran narkoba, proteksi yang paling efektif adalah di tingkat kelompok masyarakat,” kata Kepala BNNK Sabang Jauhari di Aula Museum BPKS Sabang.

Baca: BNNK Sabang: Waspada Narkoba Disekitar Kita

Menurutnya, disetiap gampong, tidak boleh diintervensi oleh narkoba. Dengan penguatan modal sosial yang ada, harusnya mampu menanggulangi serta mampu membersihkan seluruh potensi yang menyebabkan pengaruh dari luar, untuk membawa narkoba ke dalam lingkungan gampong.

Baca: BNNK Kota Sabang gelar P4GN dengan Instansi Pemerintah

Oleh sebab itu, pelatihan ini penting dilakukan, dalam rangka memberikan pemahaman lebih dalam kepada kelompok masyaraakaat disetiap gampong yang ada di Kota Sabang.

Jauhari juga mengatakan, bahwa dana desa juga bisa digunakan untuk pencegahan narkoba melalui pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

“Ketika dana desa bisa diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan salah satunya adalah bagaimana memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan bahaya dari narkoba, bagaimana menguatkan pranata keluarga, sosial, agar mereka mengatakan say no to narkoba, dana desa bisa digunakan untuk itu,” katanya.

Pihaknya berharap, memerangi narkoba tidak hanya BNNK Sabang, akan tetapi membutuhkan bantuan dari segala pihak, begitu juga dengan antisipasi dan pencegahan yang harus dilakukan terutama dilingkungan masing-masing. [DA]

Related posts