Inovasi BUMDes, Lae Bersih Kembangkan Sektor Wisata

Air terjun di kawasan Desa Lae Bersih, Subulussalam. (Kanal Aceh/Satria Tumangger)
--Ads--
loading...

Subulussalam (KANALACEH.COM)  – Untuk menambah pendapatan desa, Pemerintah Kampong Lae bersih bersama warganya memanfaatkan air terjun Lae Napal menjadi destinasi wisata alam yang dikelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Kampong Lae Bersih Ruduansyah Angkat kepada kanalaceh.com Senin (17/06) mengatakan, lokasi Wisata Lae Napal ini merupakan salah satu Inovasi BUMDes yang akan dikembangkan guna menambah pendapatan asli desanya.

‘Sampuren Lae Napal’ sebuah objek wisata alam berupa air terjun dengan ketinggian mencapai 30 meter itu, akan menjadi sebuah wahana pemandian khusus bagi anak-anak dan keluarga.

Ads

Jarak lokasi air terjun Lae Napal ini tidak jauh dari kawasan wisata Nantampuk Mas, yakni sebuah kawasan objek wisata milik Pemerintah Kota Subulussalam.

Selain wahana pemandian, nantinya objek wisata milik BUMDes yang diketuai oleh Asmim Bancin in,i juga akan dilengkapi wahana permainan adrenalin seperti, panjat tebing, Waterboom mini dan seluncuran tali.

“Kita berharap setidaknya wisata ini nanti dapat menjadi alternatif kunjungan wisatawan lokal. Pelan-pelan dengan anggaran yang ada kita akan terus tingkatkan pembangunan wisata BUMDes ini,” kata Rudu.

Jika hendak menuju ke lokasi Lae Napal, pengunjung harus terlebih dulu menyebrangi Sungai Nantampuk Emas. Untuk itu pihaknya berharap kepada pemerintah Kota Subulussalam agar mau membantu kucuran dana untuk pembangunan sebuah jembatan gantung (Rambingen), sebagai alternatif penghubung menuju lokasi wisata BUMDes tersebut. [Satria Tumangger]